JATENG, HOLOPIS.COM – Puluhan rumah yang ada di wilayah Kabupaten Semarang rusak akibat bencana angin kencang yang diikuti sebelumnya curah hujan dengan intensitas tinggi.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan, bencana yang terjadi pada Kamis (21/10) tersebut tepatnya berada di dua desa Kabupaten Semarang yakni Desa Kauman Lor dan Desa Pabelan yang terletak di Kecamatan Pabelan

“Dilokasi ini, dilaporkan terdapat 70 KK yang terdampak. Dilaporkan sementara, para warga memilih tinggal di rumah keluarga terdekat sambil menunggu rumahnya diperbaiki. Tidak ada korban jiwa atas kejadian ini,” jelas Abdul dalam keterangan tertulis, Jumat (22/10).

Pasca kejadian tersebut, Abdul menambahkan, petugas gabungan masih membantu warga untuk melakukan upaya evakuasi terhadap para warga yang terdampak.

“Selain melakukan penanganan darurat, tim gabungan juga bekerjasama memberikan bantuan kepada warga untuk membersihkan material yang terbawa saat terjadi angin kencang,” tambahnya.

Sementara itu, hasil prakiraan cuaca BMKG menunjukan Kabupaten Semarang masih berpotensi turun hujan hari ini (22/10), dengan kecepatan angin berkisar 10 – 20 km/Jam.

“BNPB menghimbau masyarakat untuk melakukan mitigasi bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan. Mengingat masa peralihan musim (pancaroba) dapat mimicu terjadinya potensi risiko bencana hidromeorologi yang dipicu faktor cuaca,” pungkasnya.