BerandaNewsRagamIdul Adha Tiba, Siap-siap Sampah Kantong Plastik Membludak

Idul Adha Tiba, Siap-siap Sampah Kantong Plastik Membludak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memprakirakan bakal ada timbulan sampah kantong plastik sekali pakai, seiring dengan perayaan Idul Adha atau Hari Raya Kurban.

Direktur Pengurangan Sampah KLHK, Vinda Damayanti Ansjar memprakirakan, timbulan sampah kantong plastik bisa mencapai 608 ton, dimana sebagian besar berasal dari pembagian daging kurban. 

“Sekitar 121,5 juta lembar kresek ukuran sedang atau 15×24 cm dengan berat 5 gram atau setara 608 ton sampah plastik kresek yang berasal dari kebutuhan hewan kurban nasional sebesar 1,97 juta ekor,” kata Vinda dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (15/6).

Terkait hal tersebut, Vinda mengatakan pihaknya di KLHK telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri LHK Nomor SE.6/MENLHK/PSLB3/PLB.0/6/2014 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik. 

Penerbit Iklan Google Adsense

Dalam surat edaran tersebut, KLHK mengimbau agar masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai dalam membagikan daging kurban. Kantong plastik bisa diganti dengan wadah yang dapat digunakan kembali.

Adapun solusi lain, masyarakat dalam membagikan daging hewan kurban juga bisa menggunakan wadah alami seperti daun pisang dan jati, atau menggunakan besek dan bongsang yang menggunakan bahan bambu. 

Selain itu, masyarakat juga diminta menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung upaya pengurangan timbulan sampah plastik. 

“Menyediakan sarana perwadahan dan pengumpulan sampah terpilah di lokasi pelaksanaan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dan pembagian daging kurban,” ujarnya.

Lewat edaran itu KLHK juga mendorong pemda melakukan pengangkutan sampah tidak hanya di lokasi penyembelihan dan pembagian daging kurban, tapi di berbagai titik Shalat Idul Adha. 

Adapun upaya-upaya tersebut dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghindari timbulan sampah plastik, mengingat timbulan sampai plastik di Indonesia terus meningkat dalam hampir sedekade terakhir. 

Timbulan sampah plastik di dalam negeri diproyeksikan terus bertambah hingga 2025 mendatang, dengan proyeksi jumlahnya mencapai 9,9 juta ton. (ANT)

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.

4 Tips Pakai Maskara Anti Luntur agar Tetap Cantik Meski Musim Hujan

Musim hujan sering kali menjadi tantangan bagi para pengguna maskara, karena air hujan dapat membuat maskara mudah luntur dan mengotori tampilan mata.

Lima Kelurahan di Kota Bengkulu Terendam Banjir

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS