JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mempersilakan peserta yang ingin berpatisipasi dalam lomba Mural Piala Kapolri 2021 dengan tema kritik atau masukan kepada Korps Bhayangkara.

“Peserta lomba mural nanti boleh menghasilkan karya seni berupa kritikan ke Polri baik itu positif maupun negatif, tidak ada masalah,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (20/10).

Listyo Sigit menerangkan salah satu tujuan ajang lomba mural ini untuk memberikan ruang kebebasan berekspresi bagi masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya membebaskan peserta lomba mural mengungkapkan semua bentuk pandangan dan ekspresi peserta.

Listyo Sigit mengaku semangat Polri yang antikritik itu telah ia dorong sejak gagasan Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (Presisi) diusungnya begitu menjabat sebagai Kapolri.

Kadiv Humas Irjen Pol Argo Yuwono kemarin menuturkan lomba tersebut dibuka 27 September-17 Oktober 2021 di tingkat Polda. Kemudian pada 20 Oktober, lomba akan digelar di tingkat Mabes Polri.

Kurasi pertama, kata dia, akan dilakukan pada 18-20 Oktober 2021. Nantinya, satu dari lima peserta terbaik di setiap Polda akan berpartisipasi pada tingkat nasional atau Mabes Polri di Jakarta.

Selanjutnya, kata dia, peserta yang terpilih akan menggambar langsung secara serentak di tingkat nasional pada 30 Oktober 2021. Kegiatan itu akan dibuka secara resmi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pendaftaran lomba ini, akan memperebutkan total hadiah senilai Rp90juta. Hadiah akan terbagi Rp30 juta untuk juara 1, Rp15 juta bagi juara 2, Rp10 juta bagi juara 3, serta masing-masing Rp5 juta untuk tujuh peserta favorit.

Peserta dalam mencantumkan nama ketua dan anggota, dan mengumpulkan sebelum batas waktu yang ditentukan pada situs www.tribratanews.polri.go.id.