Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Sejarah Mouse Komputer, Ternyata Awalnya Terbuat dari Kayu!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mouse merupakan sebuah alat perangkat keras (hardware) komputer yang berfungsi sebagai penunjuk hingga memilih suatu objek di dalam komputer itu sendiri.

Dinamakan mouse, karena awalnya terdapat sebuah kabel yang menjulur, layaknya berbentuk seperti seekor tikus.

Ada pun mouse pertama kali dibuat yakni pada tahun 1963 silam oleh pria bernama Douglas Engelbart. Menariknya, mouse pertama kali dibuat berbahan dasar kayu dengan satu tombol saja.

Kemudian pada tahun 1970, mouse model kedua resmi dirilis dengan tiga tombol. Douglas Engelbart kemudian memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, Mouse ini dikenal dengan nama Indikator Posisi X-Y.

Mouse pada umumnya seperti yang kita ketahui, memiliki dua tombol utama, yang terletak di bagian kanan dan kirinya, dengan roll atau gulir di bagian tengah.

Meski begitu, mouse modern yang tetap menggunakan satu tombol dari sisi desain masih dipegang oleh komputer berbasis Macintosh.

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Bahkan, mouse modern saat ini dilengkapi dengan chip layaknya otak yang bisa sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Mouse modern seperti itu bisa di-setting sesuai kemauan, misalnya user melakukan klik sekali, maka aksi di desktop menjadi dua kali klik, hal itu bisa dilakukan saat ini dengan setting-settingan tertentu sesuai dengan kemampuan mouse-nya itu sendiri.

Biasanya, mouse-mouse seperti itu digunakan tak hanya sekadar untuk kebutuhan menggunakan komputer saja, melainkan digunakan sebagai penunjang bermain game.

Bahkan, sebagian besar game modern saat ini memiliki ketergantungan pada mouse, seperti hal nya game game jenis Frame per Secon atau FPS alias tembak-tembakan. Penggunaan dan jenis mouse jadi nomor satu selain keyboard.

Itu lah sejarah singkat mengenai mouse komputer!

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sejarah Hari Perdamaian Internasional 21 September

Pada tanggal 21 September setiap tahunnya, masyarakat dunia memperingati Hari Perdamaian Internasional atau International Day of Peace. Peringatan ini bukan hanya sekadar hari untuk memperingati perdamaian, tetapi juga memiliki makna mendalam.

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru