BerandaNewsEkobizZulhas Wacanakan Naikkan HET Minyakita, Bakal Dibandorl Rp15.500/Liter

Zulhas Wacanakan Naikkan HET Minyakita, Bakal Dibandorl Rp15.500/Liter

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan bahwa pemeruntah sedang mewacanakan kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) terhadap minyak goreng sawit Minyakita dari Rp14.000 menjadi Rp15.500.

“(Harga) sudah layak (naik) ya, dari Rp14.000 (per liter),” kata Zulhas saat berada di Jakarta Utara pada hari Senin (27/5) seperti dikutip Holopis.com.

Menurutnya, wacana kenaikan harga tersebut berdasarkan hasil evaluasi dari Kementerian Perdagangan, sebab selama dua tahun terakhir ini, harga komoditas masyarakat itu belum melakukan update harga.

“Kan sudah dua tahun,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Soal kebijakan menaikkan HET minyak goreng Minyakita tersebut, Zulhas akan menunggu hasil rapat dengan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, apakah harga tersebut dapat disetujui atau tidak.

“Tunggu nanti kalau ada rapat di Kemenko Perekonomian,” terang Zulhas.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa harga Minyakita ditetapkan melalui Permendag Nomor 41 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Minyak Goreng Kemasan Rakyat. Dalam peraturan tersebut, tepatnya di Pasal 5 ayat (2), harga minyak goreng sawit tersebut dipatok seharga Rp14.000/liter.

Dengan demikian, sejak ditetapkannya kebijakan tersebut, maka sudah dua tahun harga itu tidak berubah. Sementara semua komoditas lainnya sudah mengalami kenaikan, maka hal ini yang menjadi alasan Zulhas akan melakukan revisi harga.

Bunyi Pasal 5 Permendag Nomor 41 Tahun 2022 ;
(1) Pelaku usaha wajib menjual MGKR tidak melebihi harga eceran tertinggi.
(2) Harga eceran tertinggi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan sebesar Rp14.000,00 / liter (empat belas ribu rupiah perliter).

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS