HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kecelakaan maut bus pengangkut para siswa SMK di Jalan Raya Kampung Palasari, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat menyebabkan puluhan orang mengalami luka-luka.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Wiyagus bahkan memastikan setidaknya 11 orang penumpang bus PO Fajar Putera dinyatakan meninggal dunia.

“Sementara untuk korban meninggal dunia dalam kecelakaan ini sebanyak sebelas orang, di antaranya enam perempuan dan lima orang laki laki,” kata Ahmad dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (11/5).

Sementara itu, Kadinkes Kabupaten Subang, Maxy mengungkapkan, korban jiwa dalam kecelakaan tersebut didominasi oleh anak anak SMK Lingga Kencana Depok, Jawa Barat.

“Sembilan korban anak-anak rombongan bus, satu guru ikut rombongan bus, dan satu warga lokal,” ujar Maxy.

Maxy kemudian menjelaskan, setidaknya ada total 60 orang, termasuk korban meninggal dan luka-luka yang terlibat dalam kejadian tersebut.

Untuk korban yang meninggal dunia, kata dia, saat ini tengah dalam perjalanan ke RSUD Ciereng, Kabupaten Subang.

“Untuk korban luka berat ada 27 orang, luka sedang ada kurang lebih 13 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa saat ini sejumlah korban dilarikan ke beberapa fasilitas kesehatan di antaranya RSUD Ciereng, RS Hamori, Puskesmas Jalancagak, dan Puskesmas Palasari.

Sebelumnya diberitakan, Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Jules Abraham Abast menjelaskan bahwa kecelakaan Bus Pariwisata milik PO Putera Fajar bernomor polisi AD 7524 OG akibat bus lepas kendali saat melintasi jalan turunan.

“Bus datang dari arah selatan menuju utara. Pada saat melaju di jalan yang menurun, (bus) oleng ke kanan dan menabrak kendaraan (Daihatsu) Feroza dari arah berlawanan, kemudian terguling miring ke kiri, posisi ban kiri di atas,” kata Jules Abraham dalam keterangannya.

Kemudiaan saat bus tergulir, badan bus pun meluncur hingga tiga buah kendaraan roda dua yang terparkir di bahu jalan langsung dihantam oleh bus tersebut.

“Kendaraan bus tersebut berhenti setelah menabrak tiang yang ada di bahu jalan arah Subang menuju Bandung, tepat di depan Masjid As Sa’adah,” ujarnya.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Bus Putera Fajar tersebut mengangkut para pelajar dari SMK Lingga Kencana Depok, Jawa Barat. Perjalanan mereka sebenarnya adalah kegiatan wisata dalam rangka perpisahan sekolah untuk menuju ke Bandung.