BerandaNewsEkobizLuhut Bicara soal Subsidi dan Potensi Pertalite Diganti Bioetanol

Luhut Bicara soal Subsidi dan Potensi Pertalite Diganti Bioetanol

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, bahwa pemerintah saat ini tengah melakukan hitung-hitungan terkait subsidi untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis Bioetanol.

Dia mengatakan, subsidi BBM jenis yang digadang menjadi pengganti Pertalite itu nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang memang layak untuk menerima bantuan dari pemerintah tersebut.

“(Bioetanol) tetap subsidi, lagi kita hitung. Supaya nanti targetnya yang kita subsidi orang yang pantas disubsidi,” kata Luhut dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (3/5).

Luhut mengklaim, penggunaan BBM Bioetanol dapat mengendalikan masalah polusi udara yang belakangan ini menjadi masalah serius di Tanah Air. Karenanya, pemerintah berambisi mengganti BBM jenis Pertalite dengan Bioetanol.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Iya nanti kita lihat dulu, kita mau bioetanol itu karena masalah polusi ini harus kita kendalikan paling cepat mengendalikan itu adalah etanol tadi,” ujarnya.

Untuk diketahui, PT Pertamina (Persero) mengusulkan untuk menghapus atau meniadakan produk BBM dengan oktan paling rendah, yakni RON 90 atau Pertalite dalam beberapa tahun ke depan.

Pertamina pun mendorong percampuran BBM Pertamax RON 92 dengan Bioetanol. Produk hasil percampuran keduanya akan memiliki nilai oktan 95 atau RON 95.

Dengan demikian, Pertamina nantinya hanya akan menjual tiga produk BBM, yakni Pertamax Green 92, Pertamax 95 (hasil campuran etanol 8%), serta Pertamax Turbo. Dua produk bensin yang disebut pertama akan jadi lini bahan bakar hijau dari Pertamina mendatang.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi global yang tinggi juga seakan 'keras kepala' akibat belum kunjung turun.

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS