Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kepala BNPB : Gelombang Ketiga COVID-19 Diprediksi Terjadi Desember 2021

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kepala BNPB Ganip Warsito mengingatkan kepada seluruh komponen di daerah agar mewaspadai potensi gelombang ketiga penularan Covid-19.

“Ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi di bulan Desember,” kata Ganip, Sabtu (9/10).

Menurut Ganip bulan Desember memiliki dua momentum besar, yaitu Hari Natal dan pegantian tahun. Dari pengalaman terdahulu, libur pada periode tersebut memicu keinginan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan, misalnya dengan mengadakan perjalanan berlibur.

Pada saat bersamaan, akhir tahun juga diikuti periode pergantian cuaca, yang akan mempengaruhi daya tahan tubuh, menyebabkan mudah terserang penyakit.

“Karena di situlah saat Nataru (Natal dan Tahun Baru, di situlah adanya pergantian cuaca. Ini yang menjadi suatu ancaman peningkatan Covid-19,” ujar Ganip.

Namun, Ganip optimis bahwa prediksi gelombang ketiga itu dapat dicegah dan dikendalikan melalui kunci pencegahan dan mitigasi penularan Covid-19, yaitu melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat, serta vaksinasi. Selain itu, dia menyebut pemerintah juga telah menemukan pola penanganan pandemi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru