Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Presiden Jokowi Dorong China Bangun Moda Transportasi di IKN Nusantara

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) mendorong peningkatan kerjasama dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di berbagai sektor.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar China Wang Yi di Istana Merdeka, Jakarta. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menjelaskan, peningkatan kerjasama tersebut salah satunya mendorong China untuk membangun investasi transportasi di IKN Nusantara.

“Presiden mendorong kerja sama pembangunan di IKN termasuk untuk moda transportasi. Bapak Presiden juga mendorong implementasi proyek strategis di kawasan industri Kaltara, khususnya untuk investasi di bidang petrokimia,” kata Retno dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (18/4).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Menteri Wang Yi diketahui turut membahas sejumlah isu penting yang berkaitan dengan kerja sama ekonomi bilateral dan situasi di Timur Tengah.

Dimana setidaknya kemudian ada tiga pesan penting, salah satunya terkait kerja sama ekonomi antara kedua negara. Presiden Jokowi, menurut Retno, menggarisbawahi peningkatan volume perdagangan yang lebih seimbang antara Indonesia dan RRT serta mengharapkan pembukaan akses pasar bagi produk Indonesia ke RRT, termasuk penyelesaian protokol untuk impor produk pertanian dan perikanan Indonesia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru