JAKARTA, HOLOPIS.COMMenteri Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menyampaikan permohonan maafnya karena menyebar foto hoaks Jalan Tol Cisumdawu di akun Twitter pribadinya.

Mantan Sekjen PDI Perjuangan itu mengakui bahwa dirinya mendapatkan informasi yang salah terkait dengan foto jalan tol yang tampak membelah bukit itu.

“Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah, bukan di Jabar, saya dapat informasi salah, terima kasih (atas) perhatiannya,” kata Tjahjo, Minggu (10/10).

Sebelumnya, tweet ngawur Tjahjo Kumolo ramai dihujat publik karena obyek yang disasar ternyata salah. Di mana di dalam unggah foto yang kini telah ia hapus itu, kader PDI Perjuangan tersebut menyebut bahwa penampakan foto adalah Tol Cisundawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan).

“Jalan Tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU (CILEUNYI – SUMEDANG – DAWUAN) yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung <> Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung <> Semarang hanya 3,5 jam,” tulis @tjhajo_kumolo.

Namun berdasarkan penelusuran yang dilakukan, ternyata gambar yang diunggah ulang oleh Tjahjo Kumolo tersebut adalah jalan tol D400 Mersin-Antalya di Turki.

Bahkan gambar ini juga pernah salah diunggah oleh netizen yang akhirnya diluruskan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui layanan [Disinformasi] pada tanggal 26 Maret 2019 silam oleh akun Facebook “Emak-emak Cyber Army”.

Jalan Tol Turki
Ini jalan tol di Turki yang salah di-posting Tjahjo Kumolo.