HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas U-23 Indonesia harus menyerah atas tim tuan rumah Qatar pada laga perdana Grup A Piala Asia U-23 2024, dengan skor 2-0 tanpa balas. Dalam pertandingan itu, kekalahan tersebut dinodai dengan kartu merah yang diterima dua punggawa skuad Garuda Muda.

Pertandingan antara Qatar vs Timnas U-23 Indonesia itu sendiri digelar di Stadion Jassim Bin Hamad, pada Senin (15/4) malam WIB.

Dalam pertandingannya, Qatar langsung tancap gas sejak awal babak pertama, dimana mereka punya peluang di menit tiga melalui Saif Eldeen Hassan, namun sundulannya masih bisa diamankan kiper Ernando Ari.

Qatar kembali mendapatkan peluang di menit 17, kali ini dari Mahdi Salem, tetapi tendangannya masih aman di pelukan Ernando.

Indonesia sendiri sejatinya tampil di bawah tekanan, namun mampu menciptakan beberapa peluang, salah satunya melalui lemparan khas Pratama Arhan yang langsung menuju ke depan gawang Qatar.

Umpan Arhan itu mampu disambut Muhammad Ferarri, tetapi sundulannya bisa diamankan kiper Qatar Youssef Abdullah.

Ada peluang emas untuk Indonesia di menit 39 melalui Rafael Struick setelah mampu memanfaatkan umpan dari Ivar Jenner, tetapi tembakannya masih membentur mistar gawang Qatar.

Malapetaka kemudian menghampiri Indonesia di menit 44, dimana Rizky Ridho dinyatakan melanggar Mahdi Salem di dalam kotak penalti. Qatar yang memiliki kesempatan mencetak gol tak menyia-nyiakan hal itu. Sang eksekutor Khaled Ali sukses merobek gawang Timnas U-23 Indonesia.

Babak pertama pun ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan Qatar.

Di babak kedua Indonesia langsung bermain dengan 10 orang selepas Ivar Jenner mendapatkan kartu kuning kedua di menit 46, karena dianggap melakukan pelanggaran keras kepada pemain Qatar.

Qatar yang unggul jumlah pemain, bermain lebih lepas dan lebih leluasa. Bahkan, pada menit 54 mereka sukses menggandakan skor menjadi 2-0 melalui tendangan bebas berkat Al Rawi.

Indonesia tampil menekan selepas itu, ada peluang dari tendangan bebas di menit 60, tetapi eksekuso Nathan Tjoe-A-On masih berujung buntu.

Tiga menit berselang giliran Marselino Ferdinan yang melepaskan tembakan, kali ini ia lakukan dari jarak jauh namun masih bisa ditepis Youssef.

Sampai pada akhirnya Indonesia harus kembali kehilangan satu pemain, dimana Ramadhan Sananta harus diberikan kartu merah di injury time karena dianggap melakukan pelanggaran keras.

Alhasil, Indonesia kalah 2-0 tanpa balas atas Qatar.