BerandaNewsRagamGempa Bumi Magnitudo 6,1 di Tuban Terasa di Sejumlah Wilayah

Gempa Bumi Magnitudo 6,1 di Tuban Terasa di Sejumlah Wilayah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gempa bumi terjadi di Tuban, Jawa Timur, pada hari Jumat (22/3) sekitar pukul 11.22 WIB dengan magnitudo 6,1. Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,9 menurut update data BMKG per pukul 12.30 WIB.

Dikutip Holopis.com dari laman Twitter/X BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), pusat gempa berada di laut 132 km timur laut Tuban dengan kedalaman 10 km. Titik koordinat gempa berada pada 5,79° LS – 112,32° BT.

“Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” tulis BMKG seperti dikutip Holopis.com.

Sejumlah wilayah merasakan getaran akibat gempa bumi tersebut, seperti di Tuban skala intensitas IV-V MMI (Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk).

Penerbit Iklan Google Adsense

Kemudian di Bawean dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Sedangkan untuk wilayah Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang, dan Yogyakarta dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

BMKG turut mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu tidak benar. Selain itu masyarakat juga diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pesan BMKG.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.

4 Tips Pakai Maskara Anti Luntur agar Tetap Cantik Meski Musim Hujan

Musim hujan sering kali menjadi tantangan bagi para pengguna maskara, karena air hujan dapat membuat maskara mudah luntur dan mengotori tampilan mata.

Lima Kelurahan di Kota Bengkulu Terendam Banjir

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS