Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Bahaya! Jepang Temukan Virus Baru Dari Kutu, Namanya Virus Yezo

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Para peneliti di Jepang akhirnya mengidentifikasi virus yang tak dikenal. Virus tersebut ternyata menginfeksi manusia yang bisa mengakibatkan penyakit.

Ahli virology, Keita Matsuno, mengatakan Virus tersebut dinamakan Virus Yezo. Virus varian baru ini menular melalui gigitan kutu dan menyebabkan penyakit dengan beberapa gejala yang ditimbulkan, seperti ; demam, penurunan trombosit darah dan sel darah putih.

Virus Yezo ini pertama kali diindentifikasikan ketika ada seorang pria berusia 41 tahun sedang dirawat karena demam dan nyeri kaki setelah digigit kutu arthropoda yang dikategorikan sebagai kutu pada tahun 2019 lalu.

Pada pertengahan Juli 2020, ada pria berusia 59 tahun, mendaki gunung dekat Sapporo. Selama pendakian, ia digigit serangga tak dikenal di kaki bagian bawahnya. Serangga itu menempel selama 30 menit.

Para peneliti di Universitas Hokkaido, termasuk Keita Matsuno, melakukan analisis genetik pada sampel darah dari dua pasien dan menemukan nairovirus baru.

Setelah diteliti, virus tersebut dinamakan “Virus Domba Nairobi” dan virus itu dimasukkan dalam kategori virus demam berdarah Krimea Kongo. Dari dua pasien tersebut, ditularkan melalui gigitan kutu.

Peneliti juga melakukan penelitian untuk menentukan kemungkinan sumber virus. Mereka menyaring sampel yang dikumpulkan dari hewan liar di daerah tersebut.

Mereka menemukan antibodi untuk virus tersebut yang ada di Rusa Sika Hokkaido dan Rakun. Mereka juga menemukan virus pada tiga spesies kutu yang ada di Hokkaido.

“Virus Yezo telah menyebar di Hokkaido dan kemungkinan besar virus tersebut menyebabkan penyakit ketika ditularkan ke manusia dari hewan kutu melalui gigitan,” kata Matsuno.

Walaupun virus tersebut tidak menyebabkan kematian, Matsuno menyarankan untuk pemeriksaan di luar Hokkaido dan rumah sakit yang ada di seluruh Jepang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru