HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pertandingan super big match antara Persib vs Persija di Liga 1 pekan ke-28 dipastikan main tanpa penonton. Hal itu terjadi karena banding Pangeran Biru ditolak Komite Banding (Komding) PSSI.

Sebelumnya diketahui, bahwa Persib Bandung harus dijatuhi sanksi hukuman bermain tanpa penonton, imbas kerusuhan di luar perimeter stadion oleh supporter usai pertandingan kontra PSIS Semarang di Stadion Si Jalak Harupat, 27 Februari lalu.

Padahal laga penting akan mengiringi langkah Pangeran Biru di Liga 1 pekan ini. Persib Bandung dijadwalkan tanding melawan Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (9/3) sore hari WIB.

Menjelang pertandingan, Persib kemudian melayangkan banding ke Komding PSSI, yang pada akhirnya ditolak, sebagaimana tertuang dalam surat bernomor 008/KEP/KB/BRI-LIGA 1/III/2024 Tentang Banding Atas Sanksi Disiplin Terhadap Klub PERSIB Bandung.

“Komite Banding PSSI memutuskan menolak permohonan dan alasan banding PERSIB bernomor 05/DIR-PBB/III/2024 tertanggal 3 Maret 2024, serta menguatkan Keputusan Komite Disiplin PSSI Nomor: 191/L1/SK/KD-PSSI/III/2024 tertanggal 1 Maret 2024,” tulis keputusan Komding PSSI, seperti dikutip Holopis.com.

“Dalam pertimbangannya pada poin 5, Komite Banding PSSI memperoleh adanya fakta hukum pada tanggal 27 Februari 2024 di luar perimeter stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung telah terjadi kerusuhan antara suporter Persib Bandung dan PSIS Semarang setelah selesai pertandingan,” tulis pernyataan di website Persib.

“Kemudian pada poin 7, Komite Banding PSSI juga menyebutkan bahwa meskipun terjadinya kerusuhan tersebut tidak dapat dilepaskan dari kehadiran suporter PSIS Semarang, tetapi suporter Persib Bandung yang bentrok dengan melakukan kerusuhan terhadap suporter PSIS Semarang tidak dapat dijadikan pembenaran atas pelanggaran yang dilakukan oleh suporter PSIS Semarang. Dengan kata lain, kesalahan suporter PSIS Semarang tidak menghapus kesalahan suporter Persib Bandung,” tambahnya.