JAKARTA,HOLOPIS.COM – Anak – anak diibaratkan sebagai benih pohon, meskipun dari benih yang bagus dan berkulitas, tetapi anak tidak akan pernah tumbuh sempurna jika ditanam di lahan yang tandus. Lalu, Untuk menjadi pribadi yang berkualitas, anak membutuhkan lingkungan yang mendukung, agar lingkungan dapat mengajarkan hal-hal positif bagi anak.

Sopan santun perlu diterapkan sejak dini kepada anak. “Maaf”, “Tolong”, “Terima Kasih” adalah salah satu contoh kata yang harus menjadi sebuah kebiasaan pada orang terutama pada anak, karena di zaman sekarang mengutarakan kata itu susah-susah gampang dilakukan.

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar menjadi kebiasaan pada anak, untuk dapat membentuk karakter sejak dini :

1. Jadilah Contoh

“Anak adalah peniru ulung.” Pada usianya yang masih belum mampu menentukan mana yang baik dan buruk, hal termudah yang dapat mereka lakukan adalah dengan meniru orang tuanya.

Untuk itu, sebagai orang tua harus menjadi contoh dengan selalu mengucapkan kata-kata tersebut dalam berinteraksi. Dengan penerapan itu pasti anak akan menjadikan kebiasaan yang baik.

2. Ajarkan Secara Berulang – Ulang

Bukan hal yang mudah untuk mengajarkan anak terkait sopan santun, perlu kesabaran dan ketekunan yang luar biasa, karena anak mempunyai karakter yang berbeda-beda.

Sebelum menerapkan ke anak, sebaiknya para orang tua membiasakan pengucapan makna dari masing-masing kata tersebut, sehingga anak akan mengerti kapan akan menerapkan kata tersebut.

3. Meminta Anak Untuk Melakukan

Selain menerapkan diatas, meminta anak untuk melakukannya secara langsung pun juga penting. Penerapannya dilakukan mulai dari lingkungan keluarga kecil seperti ibu, ayah, dan mungkin saudara (Kakak-Adik).

Setelah meminta dilakukan kepada keluarga kecil, mintalah agar menerapkan dilingkungan luar seperti orang asing, tetangga rumah, maupun orang lingkungan sekolahnya.

4. Menerapkan Sejak Dalam Kandungan

Membiasakan melakukan hal itu, tak hanya saat anak telah hadir, semua bisa dimulai sejak anak masih didalam kandungan.

Biasakanlah untuk menerapkan kata-kata tersebut saat sedang mencuri waktu berbicara pada anak di dalam kandungan.

Dengan itu, penting sekali mengajarkan 3 kata “maaf, terima kasih, tolong” kepada anak sejak dini, walaupun membutuhkan waktu dan tidak bisa secara instan dalam mengajari 3 kata ajaib tersebut kepada anak, namun orang tua terutama ibu harus tetap konsisten mengajarkannya karena 3 kata ajaib tersebut pasti sangat berguna bagi kehidupan anak sampai dia dewasa kelak.