Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tips Menjaga Kesehatan Mata, Lihat Nih!

JAKARTA,HOLOPIS.COM – Mata merupakan alat indera yang sangat penting untuk manusia. Oleh sebab itu, kesehatan pada mata harus selalu dijaga. Lantas bagaimana caranya agar mata kita tetap terawat dan sehat. Berikut Holopis merangkumnya untuk kalian Sobat Holopis.

Dilansir dari Alodokter, ada beberapa 8 (delapan) tips yang bisa kalian lakukan untuk merawat dan menjaga kesehatan mata. Yuk simak bersama ulasannya di bawah ini :

1. Periksa Mata Secara Rutin Setiap 12 Bulan
Tips yang pertama yaitu rutin memeriksa mata setiap 12 bulan. Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga lansia dianjurkan untuk memeriksakan mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali. Kemudian, untuk orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali.

Pemeriksaan kesehatan mata bertujuan untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi makula, glaukoma dan katarak.

2. Hindari Penggunaan Gadget Terlalu Lama
Kita sering menggunakan gadget untuk melakukan apapun dalam kegiatan sehari-hari. Dalam penggunaan gadget biasanya memakan waku yang lama yang dapat menyebabkan mata lelah. Gejalanya bisa berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering, serta pandangan menjadi kabur.

Jika kalian bekerja di depan komputer sepanjang hari, istirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik setiap 20 menit sekali, atau bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Bila mata terasa kering, kalian bisa melalukan dengan sering mengedipkan mata atau menggunakan obat tetes mata.

3. Hindari Paparan Sinar UV (Ultra Violet)
Tak hanya kulit, mata juga perlu dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet (UV). Hal ini karena mata yang terlalu sering terpapar sinar UV lebih berisiko mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar dan bahkan kanker mata.

Oleh karena itu, tips menjaga kesehatan mata kali ini, disarankan untuk memakai kacamata anti-UV yang dapat melindungi mata dari sinar UVA dan UVB atau menggunakan topi bertepi lebar saat beraktivitas di siang hari.

4. Konsumsi Makanan Bernutrisi
Tips selanjutnya untuk menjaga kesehatan mata adalah dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, lutein, dan asam lemak omega-3.

Beberapa nutrisi di atas diketahui dapat menangkal masalah mata terkait usia, misalnya katarak dan degenerasi makula. Kalian dapat memperoleh berbagai nutrisi tersebut dengan mengkonsumsi sayuran hijau, ikan salmon, ikan tuna, telur, kacang-kacangan dan buah jeruk.

5. Hentikan Kebiasaan Merokok
Merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit katarak, degenerasi makula dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata.

Oleh karena itu, seorang perokok aktif harus menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang. Bisa?

6. Penggunaan Make Up
Make up berbentuk cairan atau krim, pada umumnya rentan akan pertumbuhan bakteri bila terlalu lama tidak digunakan. Oleh karena itu, buang dan ganti make up kalian jika sudah 3 bulan digunakan. Hindari pula saling berbagi pakai alat rias.

Pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum dan setelah memakai make up. Jika mengalami iritasi atau infeksi mata ketika menggunakan make up, hapus riasan dan segera periksakan diri ke dokter.

7. Olahraga Secara Rutin
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko penyakit mata dan bahkan menurunkan risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Selain itu, dianjurkan untuk menghindari kebiasaan membaca di tempat gelap. Saat membaca, jaga jarak antara mata dan buku atau objek bacaan sebanyak sekitar 25–30 cm, termasuk ketika Anda sedang membaca sambil berbaring.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru