BerandaNewsPolhukamKPK Amankan Bukti Catatan Keuangan Pungli Usai Geledah 3 Rutan

KPK Amankan Bukti Catatan Keuangan Pungli Usai Geledah 3 Rutan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan bukti dugaan korupsi berupa pemerasan di lingkungan Rumah Tahanan (Rutan) Cabang KPK. Bukti itu antara lain berbagai dokumen catatan penerimaan sejumlah uang.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, bukti itu ditemukan dan diamankan saat tim penyidik menggeledah tiga Rutan Cabang KPK untuk mengusut kasus dugaan pemerasan, Selasa (27/2). Tiga rutan itu yakni Rutan di Gedung Merah Putih, Rutan Pomdam Jaya Guntur, dan Rutan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi.

“Dalam kegiatan tersebut, Tim Penyidik menemukan dan mengamankan bukti antara lain berbagai dokumen catatan kaitan penerimaan sejumlah uang,” kata Ali dalam keterangannya, sepertu dikutip Holopis.com, Rabu (28/2).

“Penyitaan dan analisis segera dilakukan untuk menjadi bagian dalam pemberkasan perkara dari para pihak yang ditetapkan sebagai Tersangka,” sambung Ali.

Penerbit Iklan Google Adsense

Secara paralel, lanjut Ali, Inspektorat juga telah memintai keterangan dan masih terus melakukan proses pemeriksaan pelanggaran disiplinnya. Hal ini, kata Ali, sebagaimana komitmen KPK untuk menindaklanjuti setiap pelanggaran di internal lembaga, dan bentuk zero tolerance terhadap tindak pidana korupsi.

Diketahui, Dewan Pengawas (Dewas) KPK sebelumnya menjatuhkan sanksi berat berupa permintaan maaf secara terbuka langsung terhadap 78 pegawai KPK yang terbukti menerima pungutan liar (pungli) di tiga Rutan KPK.

Adapun 12 pegawai lainnya diserahkan kepada Sekretariat Jenderal KPK lantaran Dewas KPK tidak memiliki wewenang untuk menyidangkan. Atas kasus dugaan pungli di Rutan, 90 pegawai KPK masih akan menjalani pemeriksaan disiplin.

“Menjadi komitmen KPK untuk segera memproses disiplin pegawai dan penyidikan perkara dugaan korupsi berupa pemerasan di lingkungan Rutan Cabang KPK,” ucap Ali.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Polisi Tangkap 2 Pembakar Rumah Rico Sempurna, Satu Ditembak Kakinya

Kapolda Sumatra Utara Komjen Pol Agung Setya Imam Efendi mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil menangkap 2 orang pelaku pembakar rumah Rico Sempurna Pasaribu.

Jokowi Siap Doakan Kaesang Maju di Pilkada Serentak

Presiden Jokowi (Joko Widodo) terus memberikan sinyalemen dukungan dirinya terhadap Kaesang Pangarep yang dikabarkan akan maju di Pilkada Serentak 2024.

Afifuddin Ogah Mundur Meski Dikritik Mahfud MD

Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin menanggapi kritik yang dilontarkan Mahfud MD usai pemberhentian Hasyim Asy'ari sebagai ketua oleh DKPP RI.

Jokowi Tak Kunjung Tanda Tangani Pemberhentian Hasyim Asyari

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengaku belum menandatangani Keppres pemberhentian Hasyim Ashari dari posisi Ketua KPU RI.

Pegi Setiawan Bebas, Mabes Polri Bakal Evaluasi Penyidik

Mabes Polri menegaskan akan melakukan evaluasi menyeluruh pasca putusan praperadilan yang membebaskan Pegi Setiawan.

Jokowi Bela KPU dari Kritik Mahfud MD

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi kritik dari Mafud MD yang mendesak komisioner KPU mundur pasca kasus seksual Hasyim Ashari.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS