Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kulit Manggis Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Siapa yang tak kenal dengan tanaman buah manggis? Buah manggis adalah buah tropis yang banyak ditemukan di Negara Asia, seperti Indonesia.

Buah ini sangat banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang menyegarkan dengan sensasi manis dan asamnya yang menjadi satu.

Di balik buah yang menyegarkan ini, manggis kaya akan kandungan zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tak hanya buahnya, kulit manggis juga dikenal dengan khasiatnya. Menghambat pertumbuhan kanker adalah salah satu manfaat dari kulit manggis. Hal ini karena kulit manggis merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik.

Lalu apa saja manfaat yang lain dalam kulit manggis?

Berbagai Macam Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Dilansir dari Alodokter, Sebuah penelitian menemukan bahwa kulit manggis memiliki kandungan antioksidan berupa xanthone yang memiliki efek antibakteri, anti inflamasi, dan anti jamur.

Ada berbagai macam manfaat kulit manggis untuk kesehatan, yaitu :

1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan xanthone pada kulit manggis, diyakini bisa menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, serta kanker lainnya. Efek antikanker pada kulit manggis dapat menghambat perkembangan kanker usus besar.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas kulit manggis untuk mengatasi kanker.

2. Menurunkan Kadar Kolestrol
Ekstrak pada kulit manggis memiliki kandungan serat yang dipercaya baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah penumpukan kolesterol pada pembuluh darah. Dengan itu, kulit manggil data meminimalisir resiko yang akan terjadi pada penyakit jantung dan stroke.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah
Manfaat kandungan xanthone juga bisa mengontrol kadar gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

Manfaat ini menjadikan kulit manggis sebagai salah satu obat herbal yang berpotensi untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes.

4. Mengurangi Peradangan Pada Tubuh
Kandungan xanthone dan vitamin C pada kulit manggis diyakini dapat mengatasi peradangan yang disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti radang sendi atau penyakit autoimun.

Peneliti pun menyatakan masih banyak yang harus dikaji terkait kulit manggis utuk penyembuhan peradangan.

5. Memperkuat Daya Tahan Tubuh
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak kulit manggis dapat menurunkan gejala peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalam kulit manggis.

6. Mengurangi Masalah Dalam Menstruasi
Kulit manggis secara tradisional dianggap mampu membantu mengatur siklus menstruasi pada wanita. Manfaat kulit manggis juga meringankan rasa tidak nyaman yang sering terjadi sebelum menstruasi.

7. Menurunkan Berat Badan
Salah satu yang banyak diperbincangkan dari manfaat kulit manggis ialah mampu menurunkan berat badan. Hal tersebut merupakan efek dari anti-inflamasi yang berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

Memang ada beragam manfaat kulit manggis untuk kesehatan, tetapi masih banyak yang harus meneliti lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanan pada kulit manggis tersebut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru