PAPUA, HOLOPIS.COM – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Marauke dalam rangka Peresmian Rumah Sakit Modular pada Jum’at (1/10). Rumah Sakit ini merupakan fasilitas untuk penanganan darurat COVID-19 PON XX. Kapasitas kamar yang tersedia di Rumah Sakit ini sekitar 200, yang dibangun dalam waktu 20 hari.

Selain menghadiri peresmian Rumah Sakit, Prabowo juga berencana meninjau tempat pelaksanaan PON XX Papua, yang akan dibuka langsung pada Sabtu (2/10) oleh Presiden Joko Widodo.

Saat mengawali kunjungan kerja, Prabowo menyapa dan memberi ucapan selamat dan terima kasih kepada prajurit TNI yang bertugas di Merauke dan para pekerja yang telah membantu pengerjaan RSUD Merauke.

Selanjutnya, Menhan Prabowo bersama dengan Presiden Jokowi, Kapolri Jendral Listyo Sigit, Menpora Zainudin Amali dan jajaran lainnya akan dijadwalkan menghadiri pembukaan PON XX Papua, Sabtu (2/10).

Pemerintah memastikan pengamanan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam pelaksanaan PON XX, dengan harapan PON berjalan maksimal tanpa adanya lonjakan kasus Corona.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo akan membuka langsung PON XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10).

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam unggahan di akun Instagram resminya @jokowi pada Jumat (1/10).

“Saya terbang menuju Papua hari ini dan bermalam di Jayapura. Sampai bertemu besok [Sabtu, 2/10] di arena pembukaan PON XX,” tutur Jokowi.

Ajang olahraga nasional empat tahunan ini akan mempertandingkan 6.442 atlet dari seluruh Indonesia yang didampingi tim pelatih berjumlah 3.000 orang.