Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

PPSDM Kota Bandung Resmi Buka Pelatihan Jabatan PPUD 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kota Bandung resmi membuka pelatihan jabatan fungsional pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah (PPUPD), Jenjang Ahli Pertama Angkatan I Tahun 2024.

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan utama, untuk meningkatkan standar kemampuan pejabat fungsional PPUPD dalam memantau pengelolaan pemerintahan daerah.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memenuhi standar kompetensi pejabat fungsional PPUPD dalam mengawasi penyelenggaraan pemerintahan daerah,” tulis keterangan, seperti dikutip Holopis.com dari laman Kemendagri.

Kepala PPSDM Regional Bandung, Indra Maulana Syamsul Arief, yang mewakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), menekankan bagi para PPUPD untuk memahami prioritas penganggaran yang dialokasikan oleh pemerintah daerah (Pemda).

Hal ini khususnya, terkait dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk persoalan urusan wajib pelayanan dasar, lalu urusan wajib non-pelayanan dasar, dan juga urusan pilihan.

“Seorang PPUPD harus memahami perencanaan pembangunan dan skala prioritas urusan untuk memberikan masukan dalam pelaksanaan urusan pemerintahan,” ujar Indra dalam sambutannya di V Hotel and Residence, Bandung, Jawa Barat, Senin (19/2).

Dengan adanya pelatihan ini, para peserta diharapkan bisa meningkatkan kompetensi dan keterampilan, dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai PPUPD.

Kegiatan ini juga, diharapkan bisa mendukung implementasi reformasi birokrasi yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah. Ini khususnya dalam hal memperbaiki tingkat kemiskinan, peningkatan investasi, dan digitalisasi administrasi pemerintahan.

Pelatihan ini pun, mencakup agenda manajemen pengawasan dan pengawasan Pemda, yang meliputi kebijakan pengembangan sumber daya manusia (SDM) aparatur, pengelolaan keuangan desa, pengawasan pelaksanaan urusan, hingga pemantauan dan evaluasi pelaksanaan urusan.

Sekedar diketahui untuk sobat Holopis, Acara pelatihan ini, dihadiri oleh para pejabat struktural, tim kerja, pejabat fungsional lainnya, pelaksana, dan PPNPN di lingkungan PPSDM Regional Bandung, serta 35 peserta pelatihan dari berbagai inspektorat daerah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru