HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sir Jim Ratcliffe secara resmi jadi pemilik saham Manchester United (MU) usai seluruh proses akuisisinya rampung.

Resminya Sir Jim Ratcliffe jadi pemilik saham MU disampaikan langsung oleh pihak klub, Rabu (21/2) dini hari WIB, dimana miliarder Inggris tersebut memiliki saham minor di Setan Merah sebesar 25 persen senilai 1,03 miliar Poundsterling.

Kemudian dalam pengumumannya, turut disebutkan bahwa Ratcliffe siap menyuntikan dana senilai 158,47 juta Poundsterling untuk meningkatkan akuisisi sahamnya di MU menjadi 27,7 persen.

Ada pun Sir Jim Ratcliffe direncanakan bakal menguasai saham MU sebesar 28,9 persen dengan suntikan dana tambahan senilai 79,2 juta Poundsterling yang direncanakan pada 31 Desember mendatang. Tujuan dari suntikan dana tersebut, yakni salah satunya untuk renovasi stadion Old Trafford.

Dalam hal ini, Ratcliffe mengungkapkan bahwa memiliki MU adalah sebuah kehormatan besar baginya.

“Selesainya proses akuisisi ini jadi awal perjalanan untuk mengembalikan Manchester United ke puncak sepakbola Inggris, Eropa, dan juga dunia, dengan fasilitas kelas dunia untuk fans kami. Kami bekerja mulai saat ini demi membawa MU ke sana,” ungkap Ratcliffe, seperti dikutip Holopis.com.

Terkait hal ini juga, Joel Glazer selaku pemilik saham mayoritas MU menyambut baik kehadiran Sir Jim Ratcliffe.

“Saya ingin menyambut kedatangan Sir Jim sebagai co-owner dan tak sabar menantikan kerjasama dengannya serta INEOS Sport untuk membawa masa depan yang cerah untuk Manchester United,” tambahnya.

Sebagai informasi, Ratcliffe merupakan pemilik dari perusahaan yang bergerak di bidang Kimia ternama dunia, yakni INEOS.

Melalui perusahaannya tersebut, Ratcliffe banyak berkecimpung di dunia olahraga yang memang mengakuisisi sejumlah tim, seperti F1 Mercedes, Klub Swiss Lausanne Sport dan klub Prancis yaitu Nice.