Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

KPK Pertajam Dugaan TPPU Eks Mentan SYL Lewat Keluarga

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang melibatkan pihak keluarga.

Lembaga antikorupsi terus menelusuri sejumlah aset yang berkaitan dengan tindak pidana dalam proses penyidikan berjalan.

“Karena prinsipnya TPPU kan itu diduga menerima uang hasil korupsi. korupsi itu kan salah satu kejahatan predicate-crime nya saja. nah, dari situ kemudian bahkan dikembangkan apakah ada yang membelanjakan, membayarkan, membeli dan seterusnya itu akan kami dalami,” ungkap Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di kantornya, Jakarta, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (20/2).

Diketahui, kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi yang menjerat SYL tak lama lagi segera diadili. Sementara kasus dugaan TPPU yang menjerat SYL masih disusut ditahap penyidikan.

KPK memastikan bakal memanggil keluarga SYL untuk melengkapi berkas perkara TPPU. Upaya itu dalam rangka menelusuri aset-aset yang diduga berasal dari tindak pidana korupsi. Pemulihan aset atau asset recovery dari hasil tindak pidana korupsi dinilai sangat penting dilakukan lembaga antikorupsi.

“Nanti kebutuhannya ketika penyidik memang membutuhkan keterangan dari pihak keluarga intinya,” kata Ali.

Dalam proses penyidikan berjalan, KPK telah menyita sejumlah aset SYL. Salah satunya rumah yang diduga milik SYL.

Dalam proses penyidikan, KPK telah mencegah anggota keluarga Syahrul Yasin Limpo ke luar negeri selama enam bulan hingga April 2024. Mereka yang dicegah yaitu istri SYL bernama Ayun Sri Harahap yang berprofesi dokter. Lalu, anak SYL bernama Indira Chunda Thita yang juga anggota DPR; dan cucu SYL bernama Andi Tenri Bilang Radisyah Melati yang berstatus mahasiswa.

Dua anak SYL, Kemal Redindo Syahrul Putra dan Indira Chunda Thita Syahrul Putri tercatat pernah dipanggil dan diperiksa tim penyidik KPK.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Dituntut Cobot Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Serdadu Muda Nusantara (Sedara) melakukan aksi...

APBMI Pastikan Bisnis Batu Bara Tan Paulin Tak Ada Campur Tangan Rita Widyasari

Pengusaha batubara Tan Paulin disebut menjalankan bisnis batu bara secara profesional.

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia

Dalam operasi yang dilakukan sepanjang bulan Agustus, BNN berhasil membongkar jaringan peredaran narkotika asal Malaysia yang menyusupkan barang haram tersebut melalui Aceh untuk kemudian diedarkan ke Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru