HOLOPIS.COM, SURABAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jatim (Jawa Timur) pada hari ini, Senin (19/2).

Menurut prakiraan BMKG, cuaca Jatim pada pagi ini bakal didominasi hujan. Bahkan di sejumlah wilayah terdapat potensi hujan turun dengan disertai sambaran petir dan angin kencang di sejumlah wilayah.

“Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada: Pagi hari di wilayah Gresik, Tuban, Kab. Madiun, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Sumenep,” tulis BMKG sebagaimana dikutip Holopis.com.

Kemudian pada siangnya, kondisi cuaca Jatim juga hampir sama, dimana hujan akan mendominasi. Terdapat pula potensi guyuran hujan dengan disertai sambaran petir atau kilat dan angin kencang hingga sore nanti.

Kondisi tersebut diprediksi terjadi di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung.

Kemudian wilayah Kab. Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

Selanjutnya kondisi cuaca yang sama, dimana hujan disertai petir dan angin kencang juga terjadi pada Malam ini di wilayah Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Kab. Madiun, Kota Madiun, dan Magetan.

Kemudian wilayah Kab. Kediri, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang

Selain informasi mengenai prakiraan cuaca, BMKG melalui laman resminya juga merilis informasi mengenai prakiraan suhu dan kemlembapan udara di Jatim pada hari ini.

Adapun suhu udara di Jatim hari ini diprakirakan bakal berkisar antara 17 – 32 derajat celcius, dengan kelembapan di rentang 70 – 100 persen.