Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Doa Terbangun dari Tidur Karena Mimpi Buruk

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mimpi buruk, dengan sensasi mencekam dan penuh ketakutan, dapat mengganggu tidur dan meninggalkan rasa cemas di pagi hari. Terdapat sejumlah faktor yang menjadi pemicu seseorang bermimpi buruk, diantaranya yakni faktor kelelahan dan stres.

Adapun dalam situasi terbangun dari tidur setelah bermimpi buruk, umat Islam anjurkan untuk memanjatkan doa terbangun karena mimpi buruk untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Doa Terbangun Karena Mimpi Buruk

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman NU Online, berikut doa yang bisa dibaca ketika mengalami mimpi buruk dalam Arab, latin, dan artinya.

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallahu, Allahu rabbi, laa syarika lahu. A’udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibaadihi wa min hamazatisy syayatini wa an yahdhurun.

Artinya: “Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tak ada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, serta godaan setan. Aku juga berlindung pada-Nya dari kepungan setan itu.”

Adapun doa di atas dimaksudkan untuk mencari perlindungan. Sebab, mimpi buruk diyakini sebagai gangguan dari setan. Untuk itu, Umat Islam perlu membaca doa ini untuk memohon perlindungan Allah SWT dari godaan dan keburukan.

Selain itu, membaca doa di atas juga dapat menentramkan hati. Sebab sebagaimana dijelaskan sebelumnya, membaca doa tersebut dapat meredakan rasa cemas dan stres yang biasanya menjadi faktor seseorang bermimpi buruk.
.
Membaca doa ini juga dimaksudkan untuk mengingatkan akan kuasa dan kebesaran Allah SWT. Dimana hanya Allah SWT yang mampu memberikan ketenangan dan perlindungan kepada manusia.

Hal yang Dianjurkan Sebelum Tidur

Berikut beberapa hal yang dianjurkan sebelum tidur untuk menghindari mimpi buruk :

  1. Berwudhu : Mencuci muka dan anggota tubuh lainnya dengan air wudhu dapat membantu menghilangkan rasa cemas dan menenangkan hati, sehingga tidur akan menjadi nyenyak.
  2. Membaca ayat Al-Quran : Membaca ayat-ayat Al-Quran yang menenangkan hati seperti ayat kursi dan surat Al-Falaq dan An-Nas dapat memberikan rasa aman dan perlindungan.
  3. Berzikir : Mengingat Allah SWT dengan berzikir dapat membantu menenangkan pikiran dan hati.
  4. Menghindari makan dan minum berlebihan sebelum tidur : Hal ini dapat membantu tidur lebih nyenyak dan mengurangi kemungkinan mimpi buruk.
  5. Menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman : Pastikan kamar tidur gelap, tenang, dan sejuk untuk membantu tidur lebih nyenyak.
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Niat dan Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebelum Hari Raya Idul Adha, umat...

Amalan dan Doa Terbaik Dibaca Saat Hari Jumat

Jumat adalah salah satu hari terbaik bagi umat Islam. Bahkan, hari Jumat sering disebut sebagai Hari Raya Islam. Hal ini karena hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.

Kumpulan Doa Terbaik di Hari Jumat, Minta Keselamatan – Untuk Kedua Orangtua

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru