HOLOPIS.COM, BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah merilis informasi terkini mengenai prakiraan cuaca Jatim (Jawa Timur) pada akhir pekan ini, Kamis 3 Februari 2024.

Berdasarkan data prakiraan cuaca yang dihimpun Holopis.com dari laman resmi BMKG, cuaca Jatim pada pagi ini dimulai dengan cuaca berawan alias mendung, yang dapat disertai hujan ringan di sejumlah wilayah.

“Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat,” tulis peringatan dini BMKG.

Adapun untuk potensi hujan disertai petir dan angin kencang tersebut bakal melanda sebagian wilayah Sidoarjo, Gresik, Tuban, Nganjuk, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Kota Blitar, Kab. Kediri.

Kemudian Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sumenep.

Mamasuki waktu siang, cuaca Jatim bakal didominasi hujan dengan sebaran yang makin meluas. Pun untuk potensi hujan yang disertai hujan petir dan angin kencang juga meluas hingga wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto.

Kemudian ada Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab.

Lalu ada wilayah Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan dan Sampang, yang akan diguyur hujan dengan disertai petir dan angin kencang pada siang ini.

Selanjutnya pada malamnya, cuaca Jatim kembali didominasi oleh cuaca berawan. Namun potensi hujan petir masih akan melanda wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo dan Lumajang.

Selain informasi mengenai prakiraan cuaca, BMKG juga merilis informasi terkait prakiraan suhu dan kelembapan udara di Jabar pada hari ini, dimana suhu di Jatim bakal berkisar antara 17 – 32 derajat celcius, dengan kelembapan di rentang 65 – 100 persen