HOLOPIS.COM, BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jabar (Jawa Barat) pada hari ini, Kamis 1 Februari 2024.

Berdasarkan data prakiraan cuaca yang dihimpun Holopis.com dari laman resmi BMKG, cuaca Jabar pada pagi hari ini dimulai dengan cuaca berawan alias mendung, yang dapat disertai hujan ringan di sejumlah wilayah.

Kemudian pada siangnya, BMKG melihat adanya potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Bahkan BMKG juga sudah memberikan peringatan dini perihal potensi cuaca hujan ekstrem hari ini, utamanya pada siang hingga sore ini.

“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan peningkatan kecepatan angin yang dapat terjadi pada skala lokal dan durasi yang relatif singkat pada rentang waktu antara pagi, siang hingga menjelang malam,” tulis peringatan dini BMKG.

Adapun untuk potensi hujan ekstrem tersebut bakal melanda sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Purwakarta, Kab Subang, Kab Indramayu, Kab dan Kota Cirebon, Kab Majalengka.

Kemudian Kab Kuningan, Kab Sumedang, Kab dan Kota Bandung, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab Cianjur, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Garut, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Ciamis, Kota Banjar, dan Kab Pangandaran.

Selain informasi mengenai prakiraan cuaca, BMKG melalui laman resminya juga merilis informasi terkait prakiraan suhu dan kelembapan udara di Jabar pada hari ini.

Adapun suhu udara di Jabar hari ini diprakirakan bakal berkisar antara 17 – 34 derajat celcius, dengan kelembapan di rentang 65 – 95 persen.