HOLOPIS.COM, JAKARTA – Xavi Hernandez baru saja mengambil keputusan mengejutkan, dengan menyatakan mundur dari kursi kepelatihan Barcelona pada akhir musim nanti. Pelatih asal Spanyol itu pun menyebut bahwa Blaugrana butuh yang namanya perubahan.

Sebelumnya diketahui, keputusan Xavi Hernandez untuk mundur dari kursi kepelatihan Barcelona, diumumkan pasca laga kontra Villarreal di Estadi Olimpic Lluis Companys.

Dalam pertandingannya, Minggu (28/1) dini hari tadi WIB, Barcelona harus rela menelan pil pahit dengan kekalahan 3-5 kontra Villarreal.

Hasil tersebut jadi kekalahan kedua Barcelona secara beruntun, dimana sebelumnya Blaugrana tumbang atas Athletic Bilbao di Copa del Rey.

Selain itu, hasil kekalahan atas Villarreal juga semakin membuat Barcelona menjauh dalam perebutan trofi LaLiga, kini Blaugrana terpaut 10 poin dari sang pemuncak klasemen sementara, yaitu Real Madrid.

Keadaan Barcelona yang saat ini sedang dalam fase inkonsisten tersebut lah yang membuat Xavi membulatkan keputusannya, untuk hengkang dari Barcelona.

Xavi menganggap bahwa keputusan tersebut merupakan yang terbaik bagi Barcelona. Ia menilai Blaugrana butuh perubahan agar lebih baik lagi.

“Saya sudah menjadi sosok yang mementingkan klub. Saya mengutamakannya lebih dari diri sendiri. Saya sudah memberi semua yang saya punya dan akan terus begitu agar para suporter merasa bangga,” ungkap Xavi, seperti dikutip Holopis.com.

“Saya rasa Barcelona butuh perubahan dinamika. Demi kebaikan para pemain, saya yakin mereka akan membebaskan diri. Kami bermain dengan ketegangan besar,” tambahnya.

Lanjutnya, Xavi juga menilai bahwa keputusan yang diambilnya adalah langkah yang terbaik bagi dirinya dan Barcelona.

“Demi kebaikan direksi, langkah terbaik adalah saya pergi. Saya akan memberikan yang terbaik. Rasanya itu semua akan membantu perubahan dinamika. Ini pesan yang ingin saya berikan. Saya merasa melakukan keputusan yang tepat,” imbuhnya.