HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas U-20 Indonesia harus mengakui kekalahannya atas Timnas U-20 Thailand, dengan skor 1-2 pada laga uji coba perdana. Pelatih Indra Sjafri pun menyebut bahwa pertandingan ini salah satunya untuk melihat dan memaksimalkan kelitas para pemain.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa laga uji coba Timnas U-20 Indonesia vs Timnas U-20 Thailand merupakan salah satu rangkaian persiapan Skuad Garuda Muda, dalam menatap Piala AFF U-19 hingga Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025 Chile.

Setelah menghadapi Timnas U-20 Thailand, Timnas U-20 Indonesia kemudian akan berhadapan dengan Uzbekistan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Dalam pertandingannya menghadapi Thailand di SUGBK, Jakarta, Jumat (26/1) malam WIB, Timnas U-20 Indonesia sendiri harus menelan kekalahan 1-2 dari Thailand.

Ada pun satu-satunya gol yang berhasil dicetak Timnas U-20 Indonesia dicetak oleh Toni Firmansyah di menit 12.

“Saya sedikit mengomentari pertandingan uji coba internasional perdana tim U-20 Indonesia di mana memang tujuan dari uji coba ini untuk melihat atau memastikan kualitas dari pemain secara individu,” kata Indra Sjafri, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com.

Lanjutnya, Indra Sjafri menerangkan bahwa dari hasil uji coba ini akan tetap melakukan ealuasi. Selain itu Indra juga menyebut bahwa masih akan ada promosi-degradasi sebelum nantinya menetapkan skuad utama untuk tampil di Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

“Bagaimana kami ingin secepatnya setelah beberapa kali pertandingan uji coba, kami mendapatkan kesimpulan siapa-siapa saja pemain yang masih bisa menjadi bagian dari tim U-20 ke depan,” tambahnya.

Karena itu, di pertandingan tadi Indra Sjafri melakukan delapan pergantian pemain. Indra betul-betul memanfaatkan laga kontra Thailand sebagai momen untuk menguji kualitas pemainnya.

“Tentu kami juga ingin melihat siapa-siapa saja yang sesuai ekspektasi kita,” ucapnya.

Di sisi lain, winger Timnas U-20 Indonesia, Dony Tri Pamungkas menyebut bahwa hasil laga uji coba kontra Thailand ini akan jadi bahan evaluasi dirinya dan tim.

“Ini masih uji coba. Menurut saya, kami sudah bekerja keras di lapangan dan memang kurang fokus di menit-menit akhir. Dengan kekalahan ini, mungkin kami bisa membenahi apa yang perlu dibenahi ke depannya dan bisa lebih baik lagi,” ucap Dony.