HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia dijadwalkan tanding melawan Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo pun optimis skuad Garuda bisa memeluk kemenangan.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa Timnas Indonesia berhasil melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2023 melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Kelolosan Timnas Indonesia itu berkat kegagalan Oman pada laga pamungkasnya, dimana Oman harus ditahan imbang 1-1 oleh Kirgistan, Kamis (25/1) kemarin.

Pencapaian itu pun mampu mengukir sejarah baru, dimana Timnas Indonesia untuk pertama kalinya berhasil melangkah ke fase gugur Piala Asia.

“Alhamdulillah. Ini sejarah setelah 2007 terakhir lolos di Piala Asia, akhirnya kita lolos kemarin setelah 17 tahun. Dan yang menggembirakan ini juga pencapaian yang luar biasa karena akhirnya juga lolos ke 16 besar,” ujar Menpora, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com.

Untuk pertandingan berikutnya, Timnas Indonesia dijadwalkan tanding melawan Australia di babak 16 besar, Minggu (28/1).

Menghadapi Australia tentu menjadi ujian tersendiri, mengingat Australia merupakan salah satu tim unggulan juara Piala Asia 2023.

Meski begitu, Menpora Dito optimis bahwa Timnas Indonesia bisa melewati hadangan Australia.

“Ya pastinya dengan keyakinan dan juga motivasi yang positif, saya yakin dari Timnas yang sudah dibentuk hari ini dengan berbagai kolaborasinya. Yang penting mainnya dengan ikhlas, tidak ada tekanan, saya rasa insyaallah bisa mencapai permainan yang sangat baik,” tambahnya.

“Walaupun yang dihadapi Australia, itu berat, tetapi saya yakin kalau ada jalannya, pasti ada kemenangan,” imbuhnya.