Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

KPU Izinkan Iriana Ikut Kampanye di Pemilu 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – KPU RI menegaskan posisi Ibu Negara bukanlah jabatan publik yang dilarang untuk ikut serta dalam sebuah kegiatan kampanye atau keberpihakan.

Ketua KPU RI, Hasyim Ashari menjelaskan, tidak ada ketentuan yang mengatur seorang Ibu Negara seperti Iriana Widodo dilarang ikut berkampanye

“Gak ada (aturannya). Ibu negara bukan jabatan,” kata Hasyim dalam pernyataannya pada Kamis (25/1) seperti dikutip Holopis.com.

Hasyim pun menjelaskan ketentuan yang ada saat ini hanya mengatur presiden dan menteri-menteri, dimana hak mereka untuk berkampanye dilindungi dan diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Artinya, jika Presiden RI Joko Widodo memutuskan untuk ikut kampanye selama pemilihan umum (Pemilu) 2024 maka dia bakal mengajukan cuti kepada dirinya sendiri.

“Dia mengajukan cuti (kepada dirinya sendiri), iya kan presiden cuma satu,” imbuhnya.

Meski begitu, hingga saat ini Ibu Negara Iriana Joko Widodo belum mengumumkan secara terbuka bakal terlibat kampanye di Pemilu 2024, meskipun putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka saat ini maju sebagai calon wakil presiden bersama Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden 2024.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru