Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Cantiknya Pesona 7 Gunung Tertinggi di Sumatera Barat Bukan Omon Omon

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Destinasi pendakian gunung selalu saja jadi peminatan untuk dapat menyambangi ke daerah-daerah tertentu. Itu tak luput dari perhatian penggiat pendakian di kawasan Sumatera Barat, berikut gunung tertinggi yang berada di sana.

Dipantau Holopis.com dari Instagram @pujo.prRabu (17/1), disajikan deretan gunung tertinggi yang berada di Sumatera Barat, khususnya di daerah Riau, Sumut, Bengkulu dan Jambi.

“Visit Beautiful West Sumatera. Inilah alasan mengapa orang luar berlibur larinya ke Sumatera barat kayak Riau, Sumut, Bengkulu dan Jambi,” terangnya dalam caption.

Melakukan pendakian di daerah sana memang sangat menggoda, pasalnya karena di sana disajikan panorama alam yang indah dan juga lengkap dibandingkan di gunung lainnya.

“Karena alamnya yang beda dari yang lainnya dan lengkap,” ungkapnya dalam caption.

Berikut 7 gunung tertinggi yang berada di Sumatera Barat :

– Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 mdpl, dan juga merupakan salah satu seven summit Indonesia. Gunung ini berada di Kabupaten Kerinci di Provinsi Jambi dan Kabupaten Solok Selatan.

– Gunung Talamau dengan ketinggian 2.982 mdpl, gunung ini berada di Kabupaten Pasaman Barat, berdampingan dengan Gunung Pasaman.

– Gunung Marapi dengan ketinggian 2.891 mdpl, gunung ini terletak di antara wilayah Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam dan Kotamadya Padang Panjang.

– Gunung Singgalang dengan ketinggian 2.877 mdpl, gunung ini berada di Kabupaten Agam.

– Gunung Pantai Cermin dengan ketinggian 2.690 mdpl, gunung ini berada di Kabupaten Solok maupun Kabupaten Pesisir Selatan.

– Gunung Talang dengan ketinggian 2.597 mdpl, gunung ini berada di Kabupaten Solok, dan berada di empat kecamatan yaitu Kecamtan Danau Kembar, Lembah Gumanti, Lembanag Jaya, dan Kecamatan Gunung Talang.

– Gunung Tandikek dengan ketinggian 2.438 mdpl, gunung ini terletak di Dataran Tinggi Minangkabau. Letaknya 7,5km dari kota Padang Panjang

Perlu diketahui, bahwa dari 7 gunung tersebut memiliki medan pendakian yang berbeda, ada yang jalurnya berdominasi tanah, akar sampai pasir.

Namun untuk pendakian gunung Marapi untuk ini masih di tutup, menurut pernyataan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menyebutkan saat ini status Gunung Marapi, Sumatera Barat naik ke Level 3 atau Siaga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asyik! Dufan Punya Beragam Promo Potongan Harga Tiket Hingga Akhir Agustus

Bagi Sobat Holopis yang ingin pergi ke Dufan bersama teman atau keluarga, bisa memanfaatkan promo hemat berlima yang sudah berlangsung sejak 1 Juli hingga 21 Agustus 2024.

TMII Kasih Promo Khusus 17 Agustus, Diskon Harga Tiket Hingga Konser Gratis

TMII (Taman Mini Indonesia Indah) tawarkan beragam promo menarik, saat HUT ke-79 bagi Sobat Holopis yang ingin datang pada tanggal 17 Agustus 2024.

Berkunjung ke Malaysia, Perlu Banget Ke Menara Petronas Loh!

Bila berpelesiran ke luar negeri, tak lengkap rasanya jika melewatkan Malaysia sebagai salah satu opsi. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, berkunjung ke negara tetangga yang satu ini memang merupakan hal menarik sekaligus bikin penasaran.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru