HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia tumbang 1-3 kontra Irak di laga perdana Grup D Piala Asia 2023. Pelatih skuad Garuda, Shin Tae-yong lantas menyesalkan gol kedua Irak tersebut, dan menyebut bahwa torehan itu tidak sah.

Sebelumnya diketahui, pertandingan Timnas Indonesia vs Irak digelar di Ahmed bin Ali Stadium, Senin (15/1) malam WIB.

Timnas Indonesia harus kebobolan lebih dulu di menit 17 oleh Irak berkat pemainnya bernama Mohamad Ali. Kemudian skuad Garuda berhasil menyamakan kedudukan skor menjadi 1-1, berkat torehan Marselino Ferdinan.

Menjelang rehat, Timnas Indonesia kemudian harus kebobolan tuk kedua kalinya, dimana pemain Irak, Osama Rashid sukses mencetak gol dan menyudahi babak pertama dengan skor 2-1.

Gol tersebut kemudian menjadi kontroversial, karena berbau offside. Bahkan, telah dicek melalui VAR pertandingan, namun sang wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

Kemudian, Irak menciptakan gol penutup di babak kedua melalui Aymen Hussein. Alhasil, Timnas Indonesia kalah 1-3 atas lawannya tersebut.

Dalam hal ini, pelatih Shin Tae-yong kemudian menyoroti betul keabsahan gol kedua Irak, pria asal Korea Selatan itu menyesalkan betul bahwa torehan tersebut disahkan wasit.

“Saya menyoroti gol kedua Irak. Itu 100 persen offside. Gol itu mengubah situasi. Ini memalukan, VAR tidak mampu bekerja dengan baik di Piala Asia 2023,” ungkap Shin Tae-yong, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com.

Meski begitu, di sisi lain, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia.

“Pertama-tama, selamat untuk tim Irak yang menang dalam laga ini,” ujarnya lagi.

“Meski begitu, Timnas Indonesia menunjukkan perjuangan terbaik, dan performa yang bagus di laga ini,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, setelah melawan Irak, Timnas Indonesia dijadwalkan tanding melawan Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia 2023, pada Jumat (19/1) mendatang.