Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

YLKI : PT Telkom Harusnya Beri Kompensasi Tidak Hanya Minta Maaf, Contoh PLN

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Layanan Indihome dan Telkomsel, sempat alami ganguan beberapa waktu lalu. PT Telkom Indonesia pun akhirnya, meminta maaf atas gangguan yang terjadi.

Menurut Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Agus Suyatno, PT Telkom juga harus memberikan kompensasi kepada para pelanggannya.

“Sebagai bentuk perlindungan konsumen, PT Telkom tidak cukup hanya meminta maaf. Sudah selayaknya memberikan kompensasi kepada konsumen/pelanggan terdampak,” kata Agus, Selasa, (21/9).

Agus memberikan contoh atas apa yang sudah dilakukan PT PLN, yang memberikan kompensasi dengan mekanisme pengurangan atau pembebasan tagihan yang dieksekusi pada bulan berikutnya.

“Bahkan, perlu jaminan bahwa selama kendala dan gangguan belum teratasi dengan baik, maka konsumen dibebaskan dari kewajiban membayar,” ujar Agus.

Pembayaran kompensasi tersebut, sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. “Di dalam UUPK menyebutkan bahwa konsumen berhak mendapatkan barang/layanan jasa sesuai dengan nilai tukar yang dibayarkan konsumen dan yang dijanjikan pelaku usaha,” jelasnya.

Jika gangguan yang terjadi bukan disebabkan force majeure (bencana alam), atau pelaku usaha mampu membuktikan bahwa mereka bukan penyebab kerugian yang dialami pelanggan, maka konsumen berhak mendapatkan kompensasi.

“Sebab, konsumen telah dirugikan dan terjadi ketidaksesuaian antara apa yang dibayarkan konsumen dengan layanan yang diterima,” pungkas Agus.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

iOS 18 Meluncur, Lakukan Hal Ini Sebelum Update!

Apple telah resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk smartphone iPhone mereka, yakni iOS 18. iOS anyar dari raksasa teknologi Amerika Serikat ini membawa segudang fitur baru dan peningkatan performa yang menarik.

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru