Selasa, 1 Oktober 2024
Selasa, 1 Oktober 2024
NewsEkobizAirlangga Sebut Banjir di Pantura Bikin Kerugian Ekonomi hingga Triliunan Rupiah

Airlangga Sebut Banjir di Pantura Bikin Kerugian Ekonomi hingga Triliunan Rupiah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyoroti fenomena banjir rob yang kerap melanda wilayah pesisir utara Pulau Jawa atau Pantura.

Airlangga menyebut, banjir tersebut berpotensi merugikan aktivitas ekonomi dengan nilai mencapai triliunan rupiah. Bahkan dikatakannya, kerugian tersebut akan terus bertambah setiap tahunnya apabila tidak segera ditangani.

Di Jakarta saja, lanjut Airlangga, kerugian ekonomi akibat banjir tahunan itu diperkirakan mencapai Rp2,1 triliun per tahun. Angka itu akan terus meningkat hingga Rp10 triliun per tahunnya dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

“Tentu ini berdampak langsung ke opportunity cost (kehilangan kesempatan),” ujar Airlangga dalam acara seminar nasional di Jakarta, Rabu (10/1) seperti dikutip Holopis.com.

Airlangga membeberkan, fenomena banjir rob yang merupakan bencana tahunan itu telah mengakibatkan penurunan tanah sebesar 1-25 cm per tahun.

Tak hanya itu, bencana rob yang kerap terjadi di wilayah Pantura Jawa, termasuk Jakarta dan Jawa Tengah juga memicu ancaman kenaikan permukaan air laut sebesar 1-15 cm.

“Jadi dengan itu hampir setengah meter dipastikan di wilayah utama terutama Semarang banjir, Pekalongan, termasuk di Utara Jakarta,” terangnya.

Airlangga melanjutkan, kawasan Pantura yang selama ini menyumbang 20 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia didominasi oleh kegiatan industri, perikanan, transportasi, dan pariwisata.

DI samping itu, jumlah penduduk di kawasan Pantura juga tercatat sebanyak 50 juta lebih. Sehingga menurutnya, fenomena banjir rob ini tidak hanya berdampak pada sektor ekonomi saja, tetapi juga sektor sosial masyarakat.

“Jadi yang terdampak 50 juta orang. Nah, tentu tidak hanya membahayakan kelangsungan ekonomi dan infrastruktur tetapi juga kelangsungan hidup masyarakat,” pungkasnya.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Loading...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Turun Tajam, Cek Rincian Harganya Sekarang

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Selasa 1 Oktober 2024.

Deflasi 5 Bulan Beruntun, BPS Ungkap Pemicunya

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indeks Harga Konsumen (IHK) kembali mencatatkan deflasi pada periode bulan September 2024, yakni sebesar 0,12 persen secara bulanan atau month to month (mtm).

IHSG Langsung Melesat saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG ditutup melesat, dengan penguatan sebesar 0,71 persen atau 53,82 poin ke level 7.581 pada penutupan perdagangan saham sesi pertama hari ini, Selasa (1/10).

LPS Klaim Sudah Jamin 15.81 Juta Rekening Nasabah

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa mengklaim, pihaknya per Agustus 2024 telah menjamin sebanyak 99,78 persen atau setara 15.81 juta rekening nasabah.