Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Tak Masalah Utang RI Nambah Terus, Asal ...

Jokowi Tak Masalah Utang RI Nambah Terus, Asal …

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab enteng berbagai tudingan-tudingan soal utang yang beredar akhir-akhir ini, termasuk soal rasio utang.

Menurut Jokowi permasalahan utang bukan menjadi beban berat bagi negara, apabila utang tersebut digunakan untuk hal-hal yang sifatnya produktif dan memberikan keuntungan bagi negara.

“Saya kira yang paling penting utang itu harus dipakai untuk kepentingan kepentingan yang produktif, yang bisa memberikan return kepada negara, sehingga negara bisa membayarnya,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (8/1).

Dia pun mengklaim, utang Indonesia diakuinya terus bertambah diiringi dengan perekonomian yang terus membaik, yang tercermin dari kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP).

“Kenaikan GDP kita dari tahun ke tahun, periode ke periode, saya kira yang penting itu,” tandasnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga membahas perihal angka rasio utang ideal 30 persen, sebagaimana dikatakan calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan.

Menurutnya, seorang capres sah-sah saja dalam menentukan rasio utang ideal. Namun ia menegaskan, bahwa pihaknya di pemerintah tetap mengacu pada Undang-undang yang berlaku, dimana rasio utang diperbolehkan maksimal 60 persen.

“Kita ini di pemerintahan dalam berbangsa dan bernegara itu semuanya mengacu pada undang-undang. undang-undang kan memperbolehkan (rasio utang) sampai maksimal 60 persen,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menegaskan, bahwa rasio utang Indonesia yang saat ini diketahui berada di sekitar 38 persen masih terbilang aman.

“Kita juga harus melihat bahwa utang kita dibanding dengan gdp itu masih pada kondisi baik dan aman lah, masih di bawah 40 kan. Ingat di negara besar itu sudah 260 persen, ada yang 220 persen. Di tetangga kita ngga saya sebut negaranya, ada yang 120, ada yang 66 persen,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).