HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Prof Mahfud MD menyampaikan rasa bela sungkawanya atas meninggalnya Rizal Ramli, sahabatnya yang selama ini menjadi mitra kritisnya, khususnya dalam pengelolaan pemerintahan.

Hal ini disampaikan Mahfud usai melakukan takziyah ke rumah duka Rizal Ramli di Jalan Bangka IX nomor 49R, Jakarta Selatan.

“Saya berbelasungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian sahabat saya, Rizal Ramli. Kita semua kehilangan. Dunia aktivisme, dunia intelektualisme, dunia pergerakan, civil society, kehilangan seorang tokoh besarnya,” kata Mahfud dalam keterangannya, Rabu (3/1) seperti dikutip Holopis.com.

Ia tak menyangka Rizal Ramli bisa berpulang secepat itu. Apalagi dirinya terakhir bertemu saat sama-sama menghadiri perayaan ulang tahun sahabat mereka, yakni Luhut Binsar Pandjaitan.

“Saya terakhir bertemu almarhum pada September lalu, saat ulang tahun Pak Luhut Pandjaitan. Saya bergurau dengan beliau di situ, berpelukan, saling cerita-cerita, beliau masih tampak segar,” ujarnya.

Di sisi lain, Mahfud yang saat ini menjadi Cawapres nomor urut 03 di Pilpres 2024 tersebut mengaku, bahwa sosok Rizal Ramli tidak hanya sebatas sahabat.

“Almarhum bagi saya tidak semata sahabat, tapi partner yang baik, dalam hal berpandangan yang sama dan saling mendukung, maupun dalam hal berbeda pandangan dan saling mengkritik,” terangnya.

Walaupun terkesan ada perbedaan di dalam tata kelola pemerintahan, Mahfud MD menyatakan bahwa apa yang menjadi gagasan dan ide-ide Rizal Ramli sebenarnya sama dengan dirinya. Apa yang dibaca dan dilihat Rizal Ramli memang untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Pada pokok-pokok ide yang besar, saya dengan Mas Rizal selalu sama, untuk negara dan masyarakat. Dalam hal yang sifatnya taktis operasional, kami bisa berbeda dan kita bisa saling mendukung dan saling mengkritik,” tuturnya.

Oleh sebab itu, ia berharap agar Rizal Ramli mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Alfatihah. Selamat jalan, Mas Rizal Ramli,” pungkas Mahfud.