Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

DPR Pertanyakan Kenapa Ribuan Orang Positif Covid-19 Bisa Bepergian

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Aplikasi PeduliLindungi mendeteksi 3.830 orang positif Covid-19 yang beraktivitas di tempat umum seperti mal dan bandara.

Menyikapi temuan itu, Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo mengatakan penyebab masih banyaknya warga positif Covid-19 yang beraktivitas di tempat umum mesti ditelusuri.

“Potensi bahwa orang yang berkeliaran yang masih memungkinkan terpapar positif itu pasti akan sangat membahayakan orang lain. Tentu itu harus ditelusuri, kenapa itu bisa terjadi, kenapa itu bisa berkeliaran,” kata Rahmad, Selasa (14/9).

Menurut Rahmad, ke depannya pemerintah harus memperketat pengawasan dengan melibatkan warga di lingkungan terdekat agar masyarakat yang positif Covid-19 dipastikan tidak pergi ke tempat-tempat umum.

Di samping itu, ia menyebutkan, banyaknya warga positif Covid-19 yang beraktivitas di tempat umum juga dapat disebabkan nekat atau merasa dirinya sudah cukup sehat.

“Saya percaya kalau itu sampai ke masyarakat, sampai ke RT RW, masyarakat pasti akan ikut mengawasi, mengontrol bahwa warganya ada yang positif sehingga butuh perhatian butuh pengawasan bersama-sama,” ujar dia.

Ia juga mengimbau agar masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19 untuk berdiam diri di rumah selama masa inkubasi virus agar tidak menularkan kepada orang lain.

“Dimohon untuk dengan penuh kesabaran, kesadarannya, kepada semua warga, semua masyarakat untuk berhati-hati ikut bertanggung jawab, ikut melindungi lingkungan, melindungi orang yang kemungkinan terpapar,” kata Rahmad.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru