Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

PBB Desak Negara – Negara Beri Bantuan Dan Jalin Hubungan Dengan Taliban

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres meminta negara-negara di dunia untuk dapat memberikan bantuan kepada Afghanistan.

“Warga Afghanistan membutuhkan penyelamat,” kata Guterres, Senin (13/9).

Guterres mengatakan Afghanistan membutuhkan banyak bantuan terutama untuk perempuan dan kelompok orang yang haknya terancam karena Taliban. Kondisi warga Afghanistan saat ini makin mengkhawatirkan sejak Taliban merebut kekuasaan.

“Setelah beberapa dekade perang, penderitaan dan ketidakamanan, mereka mungkin menghadapi saat yang paling berbahaya. Mari diperjelas, konferensi ini bukan hanya tentang apa yang akan kita berikan kepada rakyat Afghanistan. Ini tentang utang kita,” tutur Guterrres, dikutip dari AFP.

Guterres menyebut saat ini Afghanistan mengalami salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Afghanistan juga menghadapi kekeringan parah, pengungsian massa, serta dampak Covid-19.

Melalui konferensi ini, PBB berusaha mengumpulkan US$606 juta. Dana ini diperkirakan cukup untuk menyelamatkan jutaan orang Afghanistan dalam waktu empat bulan ke depan.

Guterres juga menyerukan keterlibatan internasional untuk berhubungan Taliban.
“Sangat penting untuk terlibat dengan Taliban pada saat ini,” kata Guterres, Senin (13/9), dikutip dari AFP.

Menurut Guterres, berhubungan dengan Taliban dapat mencegah keruntuhan ekonomi di Afghanistan.

“Tidak mungkin memberikan bantuan kemanusiaan di Afghanistan tanpa melibatkan pihak berwenang de facto (Taliban),” kata Guterres.

Sejumlah negara sebelumnya mengatakan mereka tidak ingin terlibat langsung dengan Taliban karena khawatir atas pelanggaran hak. Namun, Guterres mengatakan ini adalah pendekatan yang salah.

“Saya tidak berpikir bahwa jika otoritas de facto suatu negara berperilaku buruk, solusinya adalah melakukan hukuman kolektif kepada rakyatnya,” kata Guterres.

Sebaliknya, dia menyarankan keterlibatan langsung dengan Taliban, termasuk pengiriman bantuan, dapat membantu mendorong otoritas baru Afghanistan untuk lebih menghormati hak asasi manusia.

“Penting untuk meluncurkan program bantuan kemanusiaan yang kuat dan menggunakannya sebagai pengaruh untuk (terlibat) dengan Taliban” kata Guterres.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru