HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara membagikan bantuan berupa 40 unit mesin kapal kepada para nelayan di Jepara secara cuma-cuma alias gratis.

Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta mengatakan, bahwa bantuan mesin kapal gratis ini bersumber dari dana insentif fiskal yang diberikan pemerintah pusat kepada Pemkab Jepara atas capaiannya dalam mengendalikan inflasi.

Adapun program bantuan mesin kapal gratis ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan di Kota Ukir tersebut.

“Saya harap bantuan mesin kapal ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh teman-teman nelayan,” ucapnya saat memberikan bantuan mesin kapal, seperti dikutip Holopis.com Jateng, Kamis (7/12).

Edy menuturkan, Jepara merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) yang memiliki potensi besar di sektor kelautan dan perikanan.

“Jepara memiliki potensi laut yang luar biasa dengan garis pantai sepanjang 82,7 km dan 34 desa pesisir yang tersebar di 9 kecamatan,” tutur Edy.

Dengan adanya bantuan ini, Edy berharap, para nelayan dalam memasksimalkan segala potensi yang ada. Ia juga berharap, hasil tangkapan ikan dari nelayan nantinya dapat membantu pemerintah dalam menekan angka prevelensi stunting di Tanah Air.

Sebab, sebagaimana diketahui, banyak jenis ikan lokal di perairan Jateng yang dapat menjadi rujukan konsumi anak untuk pencegahan stunting, seperti ikan patin, tongkol dan tuna.

Lebih lanjut, Edy mengingatkan para nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengutamakan keselamatan saat berlayar, mengingat saat ini telah memasuki musim hujan yang tentunya rentan terhadap potensi gelombang tinggi.

“Saya juga mengingatkan kepada nelayan sekalian untuk senantiasa mengutamakan keselamatan. Mengingat ini sudah masuk di musim baratan,” pesannya.

Apabila terdapat sesuatu, Edy meminta para nelayan untuk segera menginformasikannya kepada dinas terkait.