Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari AIDS Sedunia 1 Desember Dicetus Oleh Seorang Jurnalis

HOLOPIS.COM, JAKARTA – 1 Desember menjadi Hari AIDS Sedunia (Acquired Immunodeficiency Syndrome), yang pertama kali diperingati pada 1 Desember 1988 untuk menghormati orang yang mengidap penyakit tersebut.

Selain itu, Hari AIDS Sedunia ditetapkan untuk meningkatkan kesadaran akan Human Immunodeficiency Virus (HIV). Karena, HIV apabila tidak segera ditangani sesegera mungkin, maka infeksinya dapat berkembang hingga stadium akhir yang disebut sebagai AIDS.

Dikutip Holopis.com dari beberapa sumber, Hari AIDS Sedunia diinisiasi oleh jurnalis asal Amerika Serikat (AS), James Bunn. Awalnya, ia merancang ide penyegaran setelah liputan kampanye pemilihan presiden AS yang membuat masyarakat bosan.

Namun, hal tersebut bisa terwujud saat James Bunn menjabat di WHO (World Health Organization) bersama rekannya Thomas Netter. Sejak saat itu, keduanya memilih 1 Desember sebagai tanggal yang ideal untuk merancang dan mengimplementasikan siaran seputar AIDS.

Fokus dari Hari AIDS Sedunia, yakni pada anak-anak dan remaja untuk meningkatkan kesadaran akan dampak penyakit ini pada keluarga. Apalagi, HIV dianggap sebagai penyakit kelompok yang distigmatisasi oleh media, seperti pria gay, biseksual, dan pengguna narkoba suntik.

Kemudian pada tahun 1996, Program Gabungan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk HIV/AIDS (UNAIDS) mengambil alih peringatan tersebut dan diperluas skalanya dengan kampanye pencegahan dan pendidikan sepanjang tahun.

Akhirnya gerakan itu berkembang menjadi organisasi nirlaba, yang bernama World AIDS Campaign dan didaftarkan pada 2004 dengan tempat yang berbasis di Belanda.

Tema Hari AIDS Sedunia 2023

Berdasarkan informasi dari laman resmi WHO, Hari AIDS Sedunia tahun 2023 mengusung tema ‘Let Communities Lead!‘ atau ‘Biarkan Masyarakat Memimpin’, agar bisa memberikan kesempatan untuk merefleksikan kemajuan yang telah dicapai hingga saat ini.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kesadaran akan tantangan yang masih ada untuk mencapai tujuan mengakhiri AIDS pada tahun 2030 dan memobilisasi semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama melipatgandakan upaya untuk memastikan keberhasilan penanggulangan HIV.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru