HOLOPIS.COM, JAKARTA – HUT PGRI, atau Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia, merupakan perayaan tahunan yang memiliki makna besar bagi para pendidik dan sistem pendidikan di Indonesia. Merayakan HUT PGRI 2023 tiap tanggal 25 November, merupakan saat yang tepat untuk merefleksikan kontribusi guru, perannya dalam membentuk masa depan bangsa, dan persatuan yang dibina melalui pendidikan.

Untuk merayakannya, tahun ini HUT PGRI 2023 mengusung tema “Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju” dengan dua tagar yakni #PGRIMengabdiNegeri dan #hutke-78pgri yang dapat Sobat Holopis pakai untuk keperluan konten di media sosial.

Sejarah Singkat PGRI :

PGRI awalnya merupakan organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda yang berdiri pada 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) dengan beranggotakan para Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Pemilik Sekolah.

Lalu, pada tahun 1932, 32 organisasi guru yang berbeda-beda latar belakang, paham dan golongan sepakat bersatu mengubah nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Perubahan nama ini mengejutkan pemerintah Belanda, karena penggunaan kata “Indonesia” yang mencerminkan semangat kebangsaan sangat tidak disenangi oleh Belanda. Sebaliknya, kata “Indonesia” sangat didambakan oleh guru dan bangsa Indonesia.

100 hari setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, tepatnya tanggal 23-25 November 1945, digelar Kongres Guru Indonesia di Surakarta.

Kongres berlangsung di Gedung Somaharsana (Pasar Pon), Van Deventer School, Sekolah Guru Puteri (sekarang SMP Negeri 3 Surakarta). Melalui kongres Guru Indonesia, segala perbedaan antara organisasi guru di lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, aliran politik, agama, dan suku sepakat dihapuskan.

Mereka meniadakan perbedaan latar belakang dan sebagainya demi bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sejak kongres Guru Indonesia (kongres ke-1 PGRI), semua guru Indonesia menyatakan dirinya bersatu dalam satu wadah, yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia atau yang disingkat PGRI.

Menghormati Pendidik:

HUT PGRI diperingati sebagai hari untuk menghormati dan mengapresiasi upaya tak kenal lelah para guru di seluruh Indonesia. Para profesional berdedikasi ini memainkan peran penting dalam membentuk pemikiran generasi berikutnya, menyebarkan pengetahuan, dan menanamkan nilai-nilai yang berkontribusi terhadap kemajuan bangsa. Perayaan ini mengakui komitmen dan semangat para pendidik yang berupaya membangun masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda.

Memupuk Persatuan dalam Keberagaman:

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budayanya yang kaya, dan pendidikan memainkan peran penting dalam membina persatuan di antara masyarakatnya. HUT PGRI mendorong rasa persatuan antara pendidik, peserta didik, dan masyarakat. Melalui berbagai acara dan kegiatan, perayaan tersebut menekankan pentingnya solidaritas dalam mencapai tujuan pendidikan dan membangun masyarakat yang harmonis.

HUT PGRI 2023 bukan sekedar hari perayaan, al ini merupakan bukti komitmen para pendidik, ketahanan sistem pendidikan, dan kesatuan yang menyatukan keberagaman Indonesia. Saat kita memperingati peristiwa penting ini, marilah kita menyadari peran penting guru, menghargai kemajuan yang dicapai, dan secara kolektif bekerja menuju masa depan di mana pendidikan terus menjadi landasan pembangunan nasional.