HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pembalap Alfa Romeo, Zhou Guanyu merasa kesal dengan insiden tabrakan di lap 1, yang melibatkan safety car masuk lintasan dalam ajang Formula 1 musim 2023 seri Las Vegas di Street Circuit Las vegas, Nevada, Amerika serikat pada Minggu (20/11).

Zhou sendiri memulai start dari urutan ke-15 sesuai hasil kualifikasi, saat balapan berlangsung sengit, kejadian tabrakan melibatkan para pembalap di tikungan 1 akibat dari pembalap Mercedes, George Russell yang tidak ahli mengendalikan mobilnya, kemudian safety car datang untuk membersihkan arena.

“Saya memiliki kecepatan yang baik, melakukan balapan saya sendiri dan kemudian Safety Car jelas datang sedikit lebih awal dari yang saya inginkan,” kata Zhou Guanyu, seperti dikutip Holopis.com, pada Kamis (23/11).

Pria berdarah Tiongkok itu harus kembali ke pit stop untuk mengganti settingan bannya ke medium compound, mengingat jalanan di sirkuit dengan 17 tikungan itu memiliki masalah dengan kerikil aspal.

“Jadi kami harus mengganti ban medium dan kemudian melakukan 30 lap dengan ban medium,” tandasnya.

Guanyu menyesali kejadian tersebut karena membuatnya tidak mendapatkan poin ketika masuk 10 lap tersisa, kemungkinan besar dirinya akan didepak dari ajang F1 karena berada di jurang degradasi, dengan hanya memiliki 6 poin selama musim 2023.

“Sayangnya, kami berjuang untuk mendapatkan poin dan kemudian 10 lap tersisa kami hanya kehilangan banyak poin per lap dan sayangnya di situlah kami berada,” tutupnya.