HOLOPIS.COM, JAKARTA – Nafsu makan berkurang dapat membuat berat badan menurun dan bisa memunculkan penyakit lainnya. Jika tubuh kekurangan asupan karena tidak nafsu makan, itu dapat membuat tubuh menjadi lemas dan tidak ada energi dalam melakukan kegiatan apapun.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang tidak nafsu makan antara lain, sedang banyak pikiran, stres, sedih, bekerja terlalu lama dan lain – lain. Anda harus menerapakan pola makan yang sehat dan teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini ada beberapa tips untuk meningkatkan nasfsu makan :

  1. Mengonsumsi nutrisi penambah nafsu makan

Nafsu makan bisa menurun karena kekurangan zat gizi mikro. Perlu diketahui, Zat mikro memiliki fungsi untuk mengembalikan nafsu makan seseorang. Ada beberapa jenis zat gizi yang bisa menambah nafsu makan yaitu Vitaman B1, Omega-3, dan Zink.

Pertama, Vitamin B1 memiliki fungsi untuk menahan rasa lapar dan membuat otak berpikir bahwa anda sudah merasa kenyang. Kedua, Omega – 3 berfungsi sebagai suplemen atau meningkatkan rasa lapar dan terakhir yaitu Zink bermanfaat untuk merangsang otak supaya memiliki keinginan untuk makan.

  1. Makan secara teratur

Terlalu lama menahan rasa lapar dapat mengurangi nafsu makan anda. Sebaiknya, anda harus membuat jadwal makan yang teratur dan jangan lupa untuk makan pada jam yang sama. Makan secara teratur dapat membuat gizi dalam tubuh tetap seimbang.

  1. Makan yang sering dengan jumlah sedikit

Cara yang bisa dilakukan untuk menambah nafsu makan adalah dengan makan dalam porsi yang secukupnya dan jangan terlalu banyak. Makan dalam porsi yang banyak dalam sekali makan dapat membuatmu merasa kekenyangan, sakit perut dan mengurangi nasfu makan. Anda lebih baik sering makan daripada hanya makan sekali dalam porsi yang banyak.

  1. Mengonsumsi makanan favorit

Menyediakan makanan dan minuman yang sesuai favorit atau keinginan dapat menambah nafsu makan. Namun, anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung gizi yang seimbang. Selain itu, anda bisa membuat resep terbaru jika bosan dengan rasa makanan yang sebelumnya untuk membantu meningkatkan nafsu makan.