Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Dewas KPK Tolak Permintaan Firli Bahuri Terkait Jadwal Pemeriksaan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tak memenuhi panggilan pemeriksaan Dewan Pengawas (Dewan) KPK terkait dugaan pelanggaran etik pertemuan dan pemerasan kepada Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Padahal sedianya Dewas mengagendakan pemeriksaan terhadap Firli (13/11).

Awalnya, Dewas KPK mengagendakan pemeriksaan tehadap Firli di Gedung ACLC KPK C1 (Kantor Dewas KPK) pada Selasa (14/11) hari ini. Namun, terjadi perubahan agenda sehingga dijadwalkan kemarin.

“Sampai sekarang Pak FB belum hadir,” ucap anggota Dewas KPK, Albertina Ho kepada wartawan, seperti dikutip Holopis.com, (13/11).

Mangkir pada hari ini, Firli diklaim bakal hadir pada Selasa (14/11). Dewas menegaskan tak bisa memenuhi permintaan Filri yang diminta diperiksa Dewas KPK, Selasa lantaran Dewas KPK melakukan persiapan rapat kerja (raker).

“Tidak. Selasa Dewas sudah ada agenda kegiatan,” tegas Albertina.

“Akan dijadwal ulang minggu depan,” tutur Albertina menambahkan.

Atas dasar itu, Dewas KPK akan kembali menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Firli pada pekan depan. Surat panggilan pemeriksaan yang diagendakan pada Senin 20 November 2023 telah dilayangkan Dewas KPK kepada Firli.

“Sudah dikirim, hari Senin tanggal 20 Novomber jam 10.00,” ungkap Albertina.

Adapun penjadwalan ulang pemeriksaan ini dilakukan mengingat pada undangan pemeriksaan sebelumnya, Firli Bahuri sudah terjadwal untuk kegiatan-kegiatan lainnya.

Dewas KPK dalam mengusut dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman prilaku ini telah memeriksa sejumlah pihak. Di antaranya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dan Alexander Marwata.

Adapun pengusutan dugaan pelanggaran kode etik ini juga sejalan dengan proses penyidikan kasus dugaan pemerasan terhadap Eks Mentan SYL yang dilakukan Polda Metro Jaya. Sejumlah pihak telah diperiksa polisi terkait pengusutan kasus tersebut. Salah satunya Firli.

Bahkan, Polisi telah menggeledah dua rumah milik Firli Bahuri yang berlokasi di Jalan Kertanegara Nomor 46, Jakarta Selatan dan di Villa Galaxy, Kota Bekasi, Jawa Barat. Firli juga telah diagendakan pemeriksaan untuk kedua kalinya beberapa waktu lalu, namun mangkir dengan dalih sedang bertugas di Aceh.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru