HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri menyebut bahwa dunia politik menjelang Pemilu 2024 sedang dalam situasi yang tidak baik-baik saja.

Meski begitu, ia mengajak semua pihak untuk mengawal Pemilu 2024 dengan hati nurani yang tulus. Baginya, Pemilu merupakan momentum untuk mendapat pemimpin terbaik yang akan membawa Indonesia menjadi bangsa yang hebat, unggul dan berdiri di atas kaki sendiri.

“Mari kita kawal Pemilu 2024 dengan nurani dan sepenuh hati,” ujar Megawati dalam pidatonya bertajuk ‘Suara Hati Nurani’ yang dikutip Holopis.com, Minggu (12/11).

Dia mewanti-wanti, agar rekayasa hukum yang mewarnai dunia politik belakangan ini tidak boleh terjadi lagi. Dia menegaskan, bahwa hukum harus menjadi alat yang menghadirkan kebenaran, alat yang mewujudkan keadilan, serta alat yang mengayomi seluruh bangsa dan negara Indonesia.

Sebab menurutnya, dengan terwujudnya keadilan tentu akan mewujudkan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Jangan lupa, terus kawal demokrasi berdasarkan nurani! Jangan takut untuk bersuara, jangan takut untuk berpendapat, selama segala sesuatunya tetap berakar pada kehendak hati rakyat,” tegasnya.

Dia menekankan, bahwa mengawal dan menegakkan demokrasi merupakan kewajiban warga bangsa Indonesia, dan bahkan menjadi keharusan agar tidak terjadi kesewenang-wenangan. “Sebab, kedaulatan rakyat harus terus kita junjung tinggi!,” ujarnya.

Menurtunya, pemilu yang demokratis, yang jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia, harus dijalankan tanpa ada kompromi lagi. Dia mewanti-wanti agar tindakan intimidasi terhadap rakyat yang terjadi di era pemerintahan orde baru tidak terjadi lagi.

“Jangan biarkan kecurangan Pemilu yang akhir ini terlihat sudah mulai akan terjadi lagi. Gunakan hak pilihmu dengan tuntunan nurani,” pungkasnya.