Hari Kesehatan Nasional, Pentingnya Perubahan untuk Masyarakat yang Lebih Sehat

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tanggal 12 November adalah Hari Kesehatan Nasional (HKN). Tepatnya pada tahun 2023 ini, HKN akan merayakan HUT ke-59. Hari ini dirayakan untuk memperingati kesuksesan pemerintah Indonesia dalam memberantas penyakit malaria di tahun 50an.

Bagaimana sejarah singkat Hari Kesehatan Nasional?

Dikutip Holopis.com dari situs Kementrian Kesehatan Nasional, Hari Kesehatan Nasional awalnya dirayakan pada 12 November 1965, setelah Indonesia berhasil membersihkan wabah malaria di tahun 1950an.

Ketika wabah malaria terjadi, ratusan ribu masyarakat Indonesia meninggal dunia. Pemerintah pun membuat Dinas Pembasmian Malaria di tahun 1959. Akhirnya digunakanlah obat baru bernama dichloro diphenyl trichloroethane (DDT).

Soekarno menyemprotkan obat malaria
Presiden RI Soekarno saat menyemprotkan obat malaria di tengah wabah. [Foto: Ist]

Penyemprotan obat pun dilakukan di rumah-rumah masyarakat Indonesia. Wabah malaria pun turun selama 5 tahun sejak obat tersebut disemprotkan.

Presiden RI Soekarno melakukan penyemprotan obat malaria itu sebagai simbol keseriusan pemerintah Indonesia dalam membasmi penyakit mematikan tersebut.

Hari Kesehatan Nasional 2023

Pada tahun ini, Hari Kesehatan Nasional 2023 memiliki tema ‘Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju’ yang berarti pentingnya arti kesehatan serta perubahan demi kualitas kesejahteraan kehidupan masyarakat.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Dilema Maudy Ayunda Jesse Choi Melihat Timnas Indonesia Kalahkan Korsel

Kemenangan Timnas Indonesia atas Korea Selatan dalam Piala Dunia U-23 ternyata menggugah hati suami Maudy Ayunda, Jesse Choi.

TERPOPULER

Rekomendasi :

Sejarah Digunakannya Kacamata Jadi Alat Bantu Pengelihatan

Sejarah kacamata, yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern, tidak hanya sebagai alat bantu penglihatan tetapi juga sebagai aksesori gaya yang penting.

Serjarah Hari Puputan Klungkung Bali, Mengingat Perjuangan Melawan Belanda

Klungkung merupakan kabupaten kecil yang berada di Bali. Kabupaten Klungkung merupakan wilayah yang unik dan memiliki kaitan dengan Ida I Dewa Agung Jambe di tahun 1686 Masehi.

Hari Bumi 2024, 22 April : Begini Tema dan Sejarahnya

Hari Bumi atau biasa disebut Earth Day diperingati pada 22 April di setiap tahunnya. Simak tema dan sejarahnya sebagai berikut.

Hari Konsumen Nasional, 20 April : Begini Tema dan Latar Belakang Peringatannya

Hari Konsumen Nasional (Harkonas) diperingati pada 20 April di setiap tahunnya.

Sejarah Ular Weling, Cantik Namun Mematikan

Ular Weling (Malayan Krait/Blue Krait) atau yang biasa kita sebut Ular Belang, merupakan salah satu spesies ular yang endemik di Asia Tenggara.