HOLOPIS.COM, JAKARTA – Episode terakhir anime Attack on Titan memang sudah mencapai klimaksnya beberapa hari yang lalu, namun hingga saat ini episode tersebut masih membuat perasaan penggemar campur aduk.

Bukan hanya sulit bagi penggemar, namun ternyata berakhirnya kisah Eren Yeager dan kawan-kawan ini juga sulit diterima bagi para pengisi suara serial ini yang telah mengabdikan semua emosinya dalam mendalami karakter selama hampir 10 tahun lamanya.

Pada tanggal 8 November 2023 lalu, akun resmi X dari Attack on Titan mengunggah video yang menyentuh hati di mana Yui Ishikawa (pengisi suara Mikasa Ackermann) mengucapkan baris terakhir serial ini.

“Yui Ishikawa menjadi emosional setelah merekam baris terakhirnya sebagai Mikasa untuk Attack on Titan,” tulis akun @AoTWiki seperti dikutip Holopis.com, Jumat (10/11).

Setelah memenggal kepala Eren di anime, Mikasa menguburkannya di bawah pohon tempat semuanya dimulai. Setelah tiga tahun, dia tetap berada di dekat makam Eren, berbicara seolah Eren masih bersamanya.

Tapi setelah dia mengingat waktu yang dia habiskan bersama Eren, dia mulai menangis karena dia ingin bertemu dengannya lagi. Tiba-tiba, angin kencang bertiup, dan seekor burung melilitkan syal Mikasa di sekelilingnya yang hendak jatuh.

Mikasa tersenyum dan mengucapkan terima kasih kepada Eren karena telah membungkus syal di sekelilingnya. Ini adalah baris terakhir Yui Ishikawa sebagai Mikasa Ackermann.

Yui Ishikawa menjadi emosional setelah merekam suara baris terakhirnya sebagai Mikasa untuk Attack on Titan.

Setelah mengucapkan kalimat ini, Ishikawa hampir tidak bisa mengendalikan emosinya dan mulai menangis, tapi dia mencoba menutupi dirinya dengan meletakkan buku naskah di depan wajahnya.

Yuki Kaji (pengisi suara Eren) dan Inoue Marina (pengisi suara Armin) kemudian menghibur Ishikawa dengan memeluknya saat mereka mengakhiri perjalanan 10 tahun mereka dalam menyuarakan karakter serial ini.

Perasaan Pengisi Suara/Aktris yang Berdedikasi

Dalam industri anime, memilih suara untuk sebuah karakter melibatkan proses yang panjang dan membosankan karena harus menyaring ratusan pengisi suara.

Setelah kerja keras selama berbulan-bulan, seorang pengisi suara dipilih. Yui Ishikawa menghadapi situasi yang sama dan mengisi suara Mikasa selama sekitar sepuluh tahun.

Dia tidak hanya memerankan karakter Mikasa dengan sempurna, tetapi dia juga menjadi dekat dengannya, mengingat dia telah menghabiskan hampir satu dekade sebagai pengisi suara.

Jadi, menangisi hasil kerja keras selama sepuluh tahun dapat dimengerti, mengingat dia memberikan segalanya untuk menyuarakan Mikasa Ackermann.