Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tips Merawat Tanaman Hias Agar Tetap Subur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Di saat seseorang mencari hobi untuk menghilangkan jenuh, salah satu hobi baru yang banyak digemari oleh orang banyak adalah memelihara tanaman, khususnya tanaman hias yang mempunyai variasi beragam. 

Tanaman hias bukan hanya sekedar untuk mempercantik tampilan suatu tempat di rumah, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara agar menjadi bersih dan segar. Tetapi, merawat tanaman hias harus konsisten loh.

Berikut ini adalah tips agar tanaman hias tetap subur :

Pilih Media Tanam yang Sesuai

Ketika memelihara tanaman, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah media tanam yang kamu pilih. Pastikan media yang kamu pilih cocok dengan jenis tanaman yang kamu pelihara. 

Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan ukuran pot yang kamu gunakan agar sesuai dengan ukuran tanaman yang kamu pelihara. 

Perhatikan Jumlah Penyiraman Harian

Intensitas penyiraman juga merupakan hal yang penting. Kekurangan air akan menyebabkan tanaman kering dan mati. Sedangkan, penyiraman yang berlebihan akan menyebabkan tanaman menjadi busuk. Bagian tanaman yang paling mudah busuk adalah akarnya.

Sebaiknya memperhatikan kebutuhan tanaman yang kamu pelihara, apakah tanaman tersebut membutuhkan penyiraman yang banyak atau sedikit. Perhatikan juga waktu kamu menyiramnya. 

Rutin Memberikan Pupuk

Seperti manusia, tanaman juga membutuhkan nutrisi tambahan. Oleh karena itu, kamu dapat memberikan pupuk kepada tanaman secara teratur. Pupuk berfungsi untuk menambahkan unsur hara yang telah berkurang pada tanah yang telah habis karena digunakan untuk proses pertumbuhan tanaman.

Pastikan Tanaman Mendapatkan Cahaya yang Cukup

Setiap tanaman akan selalu membutuhkan cahaya, walaupun tanaman tersebut merupakan tanaman indoor. Perlu diketahui tanaman yang dipelihara dapat terkena sinar matahari langsung atau tidak.

Perhatikan Suhu Kelembapan Udara

Agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal, kelembapan udara di sekitar lingkungan juga perlu kamu perhatikan. Kelembapan yang bagus akan membuat pertumbuhan tanaman juga optimal.

Bersihkan Daun Secara Teratur

Membersihkan daun memang bukan hal yang krusial. Namun, ketika kamu memiliki tanaman hias daun, menjaga kebersihan daun dapat menambah daya tarik tanaman tersebut. Membersihkan daun dapat membuat daun menjadi bersih dan tampak mengkilat.

Pangkas Tanaman Sesuai Jadwal 

Memangkas tanaman dengan teratur dapat membantu tanaman untuk tumbuh dengan baik. Potonglah daun-daun tanaman yang sudah tampak tua dan rusak dengan teratur. Jangan lupa juga untuk memotong daun yang terkena hama atau tampak busuk agar infeksi tidak menyebar ke daun lain.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru