HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla menegaskan aksi sejumlah masyarakat yang melakukan aksi boikot produk Israel adalah sia-sia.

Aksi boikot itu pun diyakini Jusuf Kalla, tidak akan menyelesaikan konflik kemanusiaan yang terjadi di Palestina sampai saat ini.

“Nggak mempan (boikot), apa sih yang kita mesti boikot Israel, barangnya juga tidak ada yang masuk, bisa masuk dari negara lain,” kata Jusuf Kalla dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (5/11).

Jusuf Kalla kemudian meyakini perlunya upaya bersama secara internasional untuk menghentikan serangan-serangan yang mengakibatkan banyak korban.

“Kalau hanya sendiri-sendiri kelihatannya Israel tetap kukuh untuk melakukan serangan begitu banyak,” imbuhnya.

Jusuf Kalla menyebut perlu ada tujuan yang sama untuk menghentikan perang dari negara perserikatan Islam, negara Arab, hingga Amerika Serikat. Dia mengatakan, jika semua pihak telah bersatu, serangan Israel ke Palestina bisa dihentikan.

“Ini harus pengaruh negara-negara Arab, pengaruh negara Islam dan Amerika harus bekerja sama dengan itu semua. Baru bisa kita kendalikan itu. Ya menyetop, bikin upaya dialog lagi,” ujarnya.

Menurut JK, Israel hanya akan mendengar masukan dari negara sekutunya seperti Amerika Serikat dalam konflik di Palestina.

“Tidak bisa, Israel tak pernah mau dengar suara orang, kecuali dengar suara Amerika. Ya Amerika harus bersama-sama,” tukasnya.