Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ambil Alih Panjshir, Taliban Klaim Kuasai Semua Wilayah Afghanistan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kelompok Taliban mengklaim telah mengambil kendali penuh atas Afghanistan, termasuk Lembah Panjshir yang menjadi basis pasukan penentang kelompok pimpinan Ahmad Massoud.

Tiga sumber Taliban mengatakan kepada Reuters pada Jumat (3/9).

“Dengan rahmat Allah SWT, kami mengendalikan seluruh Afghanistan. Para pembuat onar telah dikalahkan dan Panjshir sekarang berada di bawah komando kami,” kata seorang komandan Taliban, seperti dikutip Reuters.

Dalam rekaman pidato yang ditujukan kepada warga Afghanistan di Lembah Panjshir, pemimpin senior Taliban, Amir Khan Motaqi, meminta para pemberontak meletakkan senjata mereka dan berunding.

“Emirat Islam Afghanistan adalah rumah bagi semua warga Afghanistan,” kata Motaqi dalam video tersebut pada Rabu (1/9) lalu.

Taliban telah menjanjikan pengampunan bagi semua warga Afghanistan yang sebelumnya bekerja sama dengan pasukan asing dan menentang kelompok itu. Meski begitu, masih banyak warga Afghanistan yang takut akan kebrutalan Taliban sehingga ingin melarikan diri keluar negeri.

Motaqi mengatakan Taliban telah melakukan banyak upaya untuk bernegosiasi dengan para pemimpin pasukan oposisi di Panjshir.

“Tapi sayangnya, sayangnya, tanpa hasil apa pun,” ucap Motaqi seperti dikutip Reuters.

Situasi di Lembah Panjshir sempat dilaporkan tak menentu. Pada Senin pekan ini, bentrokan di barat gerbang menuju Lembah Panjshir hingga menewaskan delapan milisi Taliban dan melukai delapan milisi lain dan dua prajurit NRF.

Ahmad Massoud merupakan anak dari Ahmad Shah Massoud, salah satu panglima mujahidin yang berpengaruh membantu Uni Soviet mundur dari Afghanistan saat perang era 1980-an.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru